KEBUN SYURGA

Di seluruh syurga itu terdapat kebun-kebun dan taman bunga. Di dalam kebun itu terdapat bermacam-macam pohon-pohonan yang sekali berbuah. Sekalian jenis pohon dan sekalian jenis kayu di dalam syurga itu ada semuanya. Juga ada pohon-pohon yang belum pernah dilihat,belum pernah di dengar dan belum pernah terguris di dalam hati. Sungguhpun demikian yang tersebut dalam al-Qur'an dan hadist Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam, hanya:

1.Inab atau anggur,

2.Kurma,

3.Pohon tin,

4.Pohon batikh,

5.Kayu thubi,

6.Delima,

7.Bidara,

8.Pisang.

".....dan buah-buahan yang banyak sekali, tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya...."(Al-Waqi'ah : 33)

Banyak pohon kayu di syurga itu yang tidak ada di dunia ini,seperti pohon Balwa.

Kata Hasan Ibnu Ali ra . Kakekku(Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam) pernah mengatakan kepadaku : '' Hai,cucuku, biasakanlah dirimu bersifat qona'ah(merasa cukup dengan apa yang ada). Di dalam syurga ada sejenis pohon yang bernama Balwa. Buahnya emas, perak dan intan berlian. Pohon itu tumbuh di perkarangan orang yang qona'ah. Pohon-pohon di syurga itu besar-besar , tinggi dan rimbun, berbuah lebat dan tidak ada yang melarang mengambilnya. Berbuah yang tidak putus-putusnya. Bila di makan buahnya itu tidak membosankan dan tidak menyakiti perut

Di dalam syurga itu juga ada pohon kayu yang di sebut SYAJARUL-KHULDI. Pohon itu sangat besar sekali tinggi juga sangat rimbun... Lingkaran naungan pohon kayu ini seratus tahun perjalanan kuda..

Dari Abi Hurairah ra. Mengatakan ,Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam mengatakan bahwa di dlam syurga itu ada pohon kayu yang naungannya tidak siap seratus tahun perjalanan orang yang menunggangi kuda..HR.Bukhari.

POHON, TUMBUHAN DAN BUAH-BUAHAN DALAM SYURGA

1-2.Kurma Dan Anggur

Maka Kami tumbuhkan untuk kamu pohon kurma dan anggur. Di dalam kebun-kebun itu kamu memperoleh buah-buahan yang sangat banyak, dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan....Qs.Al-Mukminun: 19.

3.Pohon Tin

Di dalam syurga itu terdapat sejenis pohon yang di namakan pohon tin. Hadist dari Abi Zar mengatakan: aku pernah menghadiahkan setandan buah tin kepada Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam. Sebagian di makannya dan sebagian lagi di hadiahkannya kepada sahabat-sahabatnya yang duduk di sekelilingnya. Kata Nabi saw: makanlah, aku lihat di dalam syurga ada pohon tin yang tidak berbiji. Buah kayu ini menyembuhkan penyakit bawasir dan kusta.

4.Pohon Batikh

Di dalam syurga itu ada sejenis kayu yang bernama batikh.
Hadist dari Hasyim bin Dhamirah mengatakan: Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam pernah menyuruh orang memakan buah batikh. Karena kayu ini, kata Nabi airnya dari syurga dan manisnya juga dari syurga. Tiap suap orang memakan memakan buah batikh di dalam syurga nanti,maka Alloh Subhanahu Wata'ala memasukkan kedalam rongga mulut orang itu tujuh puluh ribu obat-obatan dan dapat menyembuhkan tujuh puluh ribu penyakit, kemudian Nabi membacakan ayat Qur'an yang maksudnya:

Dan Kami tumbuhkan untuknya pohon batikh(labu)...Qs.Ash-Shafaat: 146.


5.Kayu Thubi

Hadist dari Anas bin Malik ra mengatakan bahwa Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam bersabda: setelah Alloh menjadikan syurga Adnan, dan setelah di tanam pohon-pohonan dengan tangannya sendiri, maka kata Alloh Subhanahu Wata'ala kepada syurga itu: katakanlah kepada-Ku(apa yang terasa dalam hatimu). Kata syurga itu: sunggnh beruntunglah orang-orang beriman. Kata Alloh Subhanahu Wata'ala : Aku senang kepadamu(hai syurga) yang menjadi tempat tinggal hamba-hamba-Ku...Rawi-Baihaqi.

Hadist dari Ibnu Umar ra mengatakan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam: ya Rosululloh,apakah di dalam syurga itu ada pohon dan kayu?jawab Nabi: ya ada. Di dalam syurga itu ada sejenis pohon yang bernama Thubi. Tanya orang itu: apakah di dunia ini ada pohon itu? Kata Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam: tidak ada di negrimu ini(Madinah). Yang ada di negri Syam yaitu pohon jauzah. Kalau engkau menunggang unta sekeliling kayu itu, baru sampai seumur hidup unta berjalan.

Hadist Abu Hurairah ra mengatakan: kata Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam : di dalam syurga itu ada sejenis kayu yang bernama thubi, dari buahnya itu keluar pelana dan tali kekang kuda.


6.Pohon Delima

Di dalam syurga itu juga terdapat pohon Delima.
Hadist dari Sa'id Al-Khudri ra mengatakan bahwa Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam pernah bersabda: di waktu aku mi'raj ke langit,maka aku melihat di dalam syurga itu ada buah delima seperti kulit unta dan burung seperti jamal Mesir. Di dekatnya ada seorang perempuan. Kataku: hai perempuan, untuk siapa engkau? Jawabnya: untuk Zaid bin Harisah. Aku senang mendengarnya. Kata Nabi selanjutnya; di dalam syurga itu ada segala-galanya, apa yang belum pernah engkau lihat, blum pernah di dengar dan belum pernah terguris dalam hati..HR.Bukhari.


7-8.Pohon Bidara dan Pisang

Golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri , dan pohon pisang yang bersusun-susun. Dan naungan yang terbentang luas..Qs.Al-Waqi'ah: 27-30.

Kata jibril.As kepada Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam di waktu mi'raj ke angit itu: Biji bidara dalam syurga itu lebih besar dari qilal,kulit buahnya seperti kulit kacang. Bila di makan sangat enak rasanya.
Kata Ibnu Abbas dalam menafsirkan ayat ini: buah pisang dalam syurga itu bersusun-susun mulai dari atas sampai kepala akarnya di tanah.
Kata Qatadah: pisang dalam syurga itu sama juga dengan pisang di dunia. Hanya saja buahnya bersusun dari atas sampai akarnya di tanah dan rasanya lebih sedap dan enak.

Demikian lah macam-macam tumbuhan dan buah-buahan yang terdapat dalam syurga. Sekalian kayu dalam syurga pohonnya dari emas dan kulitnya di buat pakaian tanpa di tenun dan di jahit.Wallohu'alam bishshowab

Hadist dari Ibnu Amru bin Ash ra bertanya kepada Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam: ya Rosululloh ,beritahukan kepada kami pakaian orang syurga. Mendengar pertanyaan ini maka banyak orang yang tertawa. Orang ini mengatakan: ''mengapa kamu tertawa,orang bodoh harus bertanya''
Sesudah itu Nabi duduk bersandar ,kemudian bertanya: mana orang yang bertanya tadi? ''aku ya Rosululloh.'' kemudian bersabda Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam: Di dalam syurga pakaian orang di buat dari kulit kayu. Dari dalam buah kayu itu keluar pakaian tanpa di tenun. Perkataannya itu oleh Nabi di ulang-ulang sampai tiga kali...HR.Nasa'i.

Subhanalloh...sungguh indah syurga,bilamana kayu itu di tiup angin ,maka dahannya bergerak-gerak dan desirannya itu membuahkhan nyanyian yang merdu sekali....
Semoga ada manfaat buat kita semua senyum santun erat ukhuwah fillah.
Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu Ilaik
Bagikan Ke :

Obat Herbal Probiotik