ALAM DUNIA III

Bismillahirrohmanirrohim......

~INGAT DIRI AKAN KEMATIAN ~

Umar bin Khattab ra. Pernah berkata : barang siapa ingat akan dirinya sendiri,maka sesungguhnya dia akan ingat kepada Tuhannya.

Ingatlah dirimu,hari ini kita berada di sini,mungkin esok entah dimana,lusa mungkin kita dah menjadi mayat terbaring di liang lahat seorang diri.kalau hal ini benar2 terjadi,kita akan mempertanggung jawabkan segala amal perbuatan kita kepada Alloh Azza Wajjala selama kita hidup di alam dunia.

Ada peribahasa arab mengatakan :BARANG SIAPA MASUK KE KUBUR TIDAK BERAMAL,ADALAH SEPERTI ORANG MASUK KE LAUT TIDAK BERPERAHU.

Bukan harta bertumpuk yang akan ditanyakan Alloh Azza Wajjala,bukan emas atau pangkat tinggi yang di tanyakan-Nya,yang akan di tanya bgaimana amalmu di dunia,apa yang di lakukan dengan umur yang di berikan...

Jika sudah menjadi mayat,kalau sudah terbaring di kubur,di dalam lorong gelap,sempit,dingin,apa yang kamu banggakan sedang taubat dah tertutup tidak ada lagi kesempatan untuk membenahi.

Syekh Abdul Wahab Asy-Sya'rani menulis dalam bukunya Kasyaful Gumah :seseorang selalu mengingat mati,maka akan timbul sifat2 baek dlam dirinya :

1.Abia,iaitu rajin beribadat.

2.Sakinah.iaitu perasaan tenang tidak gelisah.

3.Wara' ,iaitu tidak mau berbuat maksiat.

4. Zuhud,iaitu tidak melekat hati kepada harta.


=>MENGITUNG USIA YG BERLALU


Kalau di pikir sejenak tentang kehidupan dunia ini .siang dan malam silih berganti,setiap hari umur bertambah,berarti setiap hari semakin dekat dengan kematian menuju pintu kubur.

Ibnu Taufail,filoruf Islam Kelahiran Andalus,membuat satu perumpamaan,iaitu seorang pemburu dikejar singa.pada suatu hari ia di kejar oleh seekor singa yg lapar,pemburu itu berlari sekuat tenaga.dan akhirny terdesak di tepi jurang.di pinggir jurang itu ada sebatang pohon.waktu singa itu dekat,si pemburu memanjat pohon itu.
dari atas pohon dia nampak dua ekor tikus sedang menggigit pohon itu.tikus itu berwarna hitam dan seekor lagi putih.

Ibnu Taufail mengumpamakan singa itu dengan ajal seseorang yg selalu memburu.jurang yg dalam mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati.dua ekor tikus di umpamakan waktu siang dan malam.

''Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh,....''(An-Nisa :78)



''.....demikian pula Yakub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam"(Al baqarah :132)

Jika kita cermati,di diri kita sudah ada tanda-tanda mendekat pintu kubur seperti:
-Uban di kepala,
-Kulit telah mengendur,
-Gigi telah patah,
Pendengaran dan pengliatan sudah berkurang,
Kaki dan tangan sudah lemah.
Kesemuanya merupakan tanda-tanda maut pada diri kita.

=>MENGHANTAR JENASAH



Bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam:''barang siapa menyaksikan suatu jenasah sehingga dia ikut pula menyembahyangkannya,maka dia akan mendapat pahala sebesar satu kirath.dan barang siapa ikut menyaksikan sehingga dia ikut menguburkannya,maka dia mendapat pahala dua kirath.ditanya : apa yang dimaksud dua kirath itu?jawab Nabi :seumpama dua buah gunung besar.''(HR :Bukhari).

Selagi mayat masih di tempat tidur,tutupilah tubuhnya dengan kain,tinggikan sedikit kepalanya menghadap kiblat.pada waktu ini sudah dapat di lihat tanda'' pada diri si mayat itu yang beruntung ataupun yang merugi di akhirat.

Sabda Nabi shollallohu alaihi wa-sallam : dari Salman Al-Farizi ra.mengatakan :aku mendengar Nabi shollallohu alaihi wa-sallam bersabda :
perhatikanlah olehmu mayat di saat matinya itu dari tiga perkara,iaitu : APABILA MENGALIR KERINGAT DI DAHINYA, ATAU MENGALIR AIR MATANYA, ATAU KERING BIBIRNYA, maka itulah tandanya dia mendapat rahmat dari Alloh Azza Wajjala.dan APABILA DIA MENDENGKUR SEPERTI SAPI YANG TERCEKIK,ATAU MERAH PADAM WARNA MUKANYA,ATAU KELUAR BUIH DARI MULUTNYA.maka itulah tandanya dia di azab oleh Alloh Ta'ala.''(HR :Hakim dan Tarmizi).

Para hamba di bangkitkan dengan kain kafannya yang di pakai saat ia meninggal,maka berilah mayat kain kafan yang paling bagus.

Hadist Nabi shollallohu alaihi wa-sallam mengatakan : para hamba akan di bangkitkan dengan kain kafannya itu.hanya kain sehelai lah yang dibawa ke kubur.semua harta akan berpindah ke tangan ahli waris.hanya untuk orang lainlah dia membanting tulang siang dan malam.

Hadist Aisyah ra.mengatakan :Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam di bungkus dengan kafan hanya tiga lapis kain putih buatan yaman.dalam kafan itu tidak (berarti ada)kemeja dan kain tutup kepala.(HR :Bukhari).


Tiap-tiap manusia ini akan mati,kemudian akan di panggil menghadap Alloh Azza Wajjala akan mempertanggungjawabkan sekalian amal perbuatannya selama dia hidup di alam dunia.dia akan di hantarkan ke kubur iaitu pintu alam akhirat.tiga penghantar ke kubur tanpa yang dua itu akan kembali.dua diantarnya keluarga dan hartanya,sedang yang akan menemani ke kubur iaitu amal.amal inilah yang nanti di tanya oleh Alloh Azza Wajalla.

=>GODAAN DALAM SAKARATUL MAUT

Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam bersabda: sesungguhnya hamba itu mengalami kesengsaraan di waktu maut.dan bahwa segala ruas persendian itu masing-masing mengucapkan salam satu sama lain,katanya : selamat berpisah, aku dan engkau sampai(berjumpa lagi)pada hari kiamat.(HR :Nasa'i).


Godaan dlam sakaratul maut: Bila dia itu musuh Allah atau sering berbuat maksiat maka godaan yang menimpanya akan sangat dahsyat dan gunanya sebagai hukuman terhadap dosa-dosa yg di perbuat selama dia di dunia.

Bila dia orang beriman, bila rohnya susah keluar dr tbuhnya itu bukanlah hukuman buat dia melainkan untuk meninggikan derajatnya di sisi Alloh. Dalam sakaratul maut banyak godaan,makanya kita di anjurkan men talqin agar dia teringat Alloh dan tidak terbujuk rayuan syaitan.

Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam Bersabda : Barang siapa yang mengakhiri perkataannya dengan ucapan Laa ilaaha illalloh niscaya di masuk syurga.(HR :Abu Daud dan Hakim).


Ketika sakaratul maut hanya Alloh lah tmpat bergantung,serahkan nasib kepadaNYA.kerna syaitan akan terus menggoda agar lupa akan Alloh.syaitan akan menggoda dengan berbagai cara.

Sabda Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam:Bahwa syaitan itu akan datang kepada seseorang sebelum matinya(di waktu dlam sakaratul maut)katanya:hendaklah engkau mati dalam agama yahudi,matilah engkau dalam agama Nasrani.(HR :Tirmidzi dan Nasa'i).

Syekh Abdul Al-Fatani menulis dlm bukunya: Ketika itu datanglah syaitan menyerupai ibunya yg telah meninggal duduk di sebelah kirinya ,berkata sambil menangis,hai anakku,aku adalah ibu kandungmu.dengan susah payah memeliharamu dari kecil...Nak! sekarang kamu meninggal maka ikutilah olehmu agama YAHUDI,karena itulah sebaik-baik agama.dan seorang lagi bapaknya di sebelah kanan.Hai anakku!bapak sayang kepadamu.tidak kenal siang malam mencari nafkah untkmu... Nak!sekarang kamu akan meninggal maka ikutilah agama NASRANI,kerna itu sebaik-baik agama.

=>KETIKA ROH KELUAR DARI JASAD

Roh itu bukan keluar sendiri tapi ada yang mengeluarkan,iaitu Malaikat maut yang di perintahkan oleh Alloh Azza Wajjala.

...Katakanlah,bahwa yang mematikan kamu itu ialah Malaikat maut yang di wakilkan Alloh Azza Wajjala kepadamu,Sesudah itu maka kepada Tuhan-mu ,kamu kembali..

Adapun bentuk malaikat maut dalam mencabut Roh seseorang akan berubah-ubah bentuknya sesuai dengan perbuatan orang itu selama hidupnya.

Jika mencabut Roh orang-orang beriman maka bentuknya bagus dan menyenangkan.tetapi sebaliknya,kalau mencabut Roh orang-orang kafir atau berdosa,maka bentuknya mengerikan dan menakutkan.

Dalam sebuah hadist di sebutkan bentuk Malaikat maut saat mencabut Roh orang-orang yang derhaka kepada Alloh bentuknya BERTUBUH HITAM,KAKINYA BERADA DI BUMI DAN KEPALANYA TERSENTAK KE LANGIT ,BENTUKNYA SANGAT MENAKUTKAN,DAN DARI BAWAH TIAP BULUNYA MENYEMBURKAN API,,dia berlaku kasar dan bengis. katanya :
HAI ROH JAHAT,KELUARLAH ENGKAU DARI TUBUH YANG JAHAT.


malaikat maut itu mencabut Roh bukanlah pakai tangan tapi pakai suara. kepada orang-orang yang soleh akan berkata dengan manis dan sopan juga tenang :
WAHAI JIWA YANG TENANG,KELUARLAH ENGKAU DARI TUBUH YANG BAIK,MARILAH ENGKAU PINDAH KE TEMPAT YANG LEBIH BAIK,LEBIH AMAN DAN SENTOSAYANG TELAH DI SEDIAKAN OLEH TUHAN-MU.MARILAH KELUAR,HATI DAN JIWA YANG TENANG.

Setelah Roh keluar dari tubuh,maka dia melihat tubuhnya sendiri terbaring,melihat keluarganya menangisinya, melihat orang-orang yang datang kerumahnya, demikian juga melihat jelas saat mayat di mandikan, dikafani, disholatkan, semua di lihat dengan jelas.

Dia sadar bhwa dirinya sudah mati maka perasaan menyesal sudah tiada guna dan tidak mungkin Rohnya akan kembali lagi.
Mari kita persiapkan diri agar tidak ada penyesalan di akhir nanti.

Orang yang telah mati,bahwa indra perasanya masih bisa merasakan,maka sebaik-baik dari kalian jangan sakiti mayat, saat engkau memandikan, mengangkat,hati-hatilah kerna andai dia bisa bicara dia akan berkata dengan memelas,,,jangan sakiti tubuhku.

=BAB TERAKHIR>

--KIAMAT

Tanda-tanda kiamat dan peristiwa kiamat

(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa(Qs,Ibrahim ayat 48).

Seluruh semua yang hidup di alam ini akan binasa kecuali Alloh Azza Wajjala.
Malaikat, jin, iblis,manusia, binatang akan mati dan seluruh alam ini akan lenyap.alam ini akan kosong dan sesudah itu di ciptakan alam yang baru,berbeda dengan alam sekarang yang ada ,sesudah itu baru manusia di bangkitkan.


...janji Allah itu benar, dan bahwa kedatangan hari kiamat tidak ada keraguan padanya....(Qs Al-Kahfi ayat 21).

Tidak seorangpun makhluk yang tahu kapan terjadinya kiamat yang mengerikan itu,tapi yang jelas dunia ini sudah sangat tua.
Ketika sahabat bertanya kepada Nabi bila terjadi kiamat,maka Nabi hanya menjawab : hal ini adalah urusan Tuhan-ku.tapi Nabi menunjukkan tanda-tandanya saja :

1.Terjadi perang dahsyat di antara dua pihak yang bertentangan.

2.Munculnya Dajjal.

3.Lenyapnya ilmu.

4.Banyak terjadi gempa bumi.

5.Fitnah bermaharajalela di kalangan masyarakat.

6.Banyak terjadi pembunuhan.

7.Harta benda yang banyak.

8.Orang akan mencintai mati daripada hidup.

9.Terbit matahari dari tempat terbenamnya.




Dan masih ada beberapa lagi tanda-tanda yang lain seperti :
-Wanita lebih banyak dari laki-laki,
-Ada suara tapi tidak bentuknya,
-Harta melimpah dan orang tidak lagi menerima sedekah dan,
-Turunnya Nabi Isa as dan masih ada lagi tersebut dalam kitab maupun hadist.


Bagaimankah peristiwa kiamat..??

''Apabila langit terbelah,dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh,dan apabila bumi diratakan.''(Qs Al-Insyiqaaq ayat 1-3).


''Apabila matahari digulung,dan apabila bintang-bintang berjatuhan,dan apabila gunung-gunung dihancurkan,dan apabila unta-unta yang bunting ditinggalkan (tidak diperdulikan),dan apabila binatang-binatang liar dikumpulkan,dan apabila lautan dipanaskan,''(Qs At-Takwiir ayat 1-6).

Pada suatu hari dibunyikan sangkakala maka terkejutlah orang yang di langit dan di bumi,kecuali orang yang di kehendaki Alloh,semua datang kepada Alloh menghinakan diri.

Apabila terjadi gempabumi yang sangat dahsyat.bumi ini akan mengeluarkan segala isinya.kata orang mengapa bumi ini.ketika itu bumi ini menceritakan peristiwanya.

Pada hari itu bumi bergoyang dan gunung'' berterbangan menjadi pasir bertebaran.

Dan masih banyak lagi tertulis dalam al Quran.
Dunia sudah tua akan kemana dunia jika sudah tua.Mari bermuhasabah diri kerna dunia sudah semakin tua dan kita tidak tahu berapa lagi umur tersisa dan kapan terjadinya kiamat ? hanya orang-orang yang mau berfikir yang selalu bermuhasabah diri mengharap ampunan-Nya.

SENYUM SANTUN MUGA ADA MANFAAT
Bagikan Ke :

terra

Obat Herbal Probiotik