ALAM DUNIA II

Bismillahirrohmanirrohim.......

~YANG HIDUP PASTI MATI~

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلاقِيكُمْ ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ"Katakanlah: "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan"."(Al-Jumu'ah :8)

Pernah suatu ketika Rosululloh di tanya : adakah orang lain yang di bangkitkan bersama para syuhada ?jawab Baginda : mereka itu orang-orang yang mengingat mati sebanyak 20 kali dalam sehari semalam.

Maut adalah masalah gaib terdekat yang sedang di tunggu kedatangannya,maka wajar dan sudah seharusnya kita selalu menyiapkan diri untuk menyambutnya dlam keadaan apapun,kerna pada setiap saat,kemungkinan ia datang dan menjemput kita tanpa permisi.

Anggaplah dirimu di dunia ini sebagai orang asing atau musafir lalu,dan anggaplah dirimu sebagai seorang di antara penghuni kubur.(alhadist).

''apakah erti dunia bagiku,hubunganku dengan dunia ini laksana seorang pengendara yang sedang berjalan di panas terik,tiba-tiba kelihatan olehnya sebatang pohon ,lalu iapun berteduh sejenak di bawahnya,sesaat kemudian ia pergi lagi dan meninggalkanya''.HR.Tirmidzi.

''orang-orang pertama dari umat ini akan selamat dengan zuhud dan kuatnya keyakinan.adapun yang terakhir dari mereka dan akan binasa dengan berlebihan cintanya pada dunia dan panjang angan-angan dalam hidupnya''.HR :Ibnu Abi'ddunia.

Berkata Sayyidina Ali Karamallahu Wajha : yang paling kutakutkan terjadi padamu ialah perbuatan menuruti hawanafsu dan panjang angan-angan.adapun menurut hawa nafsu,maka ia akan menghalangi daripada kebenaran,sedangkan panjang angan-angan akan melupakanmu dari akhirat.


=>MEMBIMBING YANG AKAN MENINGGAL

Jika ada seseorang sakit keras dan tanda-tanda dekatnya ajal kita di anjurkan men-talkin seperti dalam hadist di sebutkan :''talkinkanlah orang'' yang mati di antara kamu dengan ''laa illaaha illallah''.maka barang siapa mengakhiri hidupnya dengan ucapan ''laa illaaha illallah'',nescaya ia akan masuk syurga.''(HR :Abu Daud dan Tirmidzi).

Setelah mengucap dengan benar ,maka tidak perlu menyuruhnya untuk mengucapkan lagi,kecuali jika ia mengucapkan kata'' lain sesudah di talkin,dan sebaiknya bacakan surah yasin,surah yang penuh berkah,sebab Rosululloh pernah bersabda : ''bacakanlah surah yasin atas orang'' yang mati di antara kamu''.(HR :Abu Daud,Nasa-i,Ahmad dan Ibnu Hibban)

Ada satu riwayat yang menyebutkan bahwa Malakul-maut a.s. Berkata :''sesungguhnya aku senantiasa bersikap emah lembut dan kasih sayang terhadap setiap orang mukmin.''

Tapi ada kalanya ketika sedang menghadapi maut akan muncul berbagai godaan dan kesulitan(semoga Alloh menjauhkan dari semua itu)...di dalam beberapa kitab di sebutkan bahwa syaitan yang terkutuk itu berada paling dekat dengan hamba Alloh ketika ia sedang menghadapi maut,karena ia tidak mau menyia-nyiakan peluang untuk menggodanya.akan tetapi dia hanya berkuasa atas orang'' yang menjadikannya sebagai teman saja.

يُثَبِّتُ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا بِالْقَوْلِ الثَّابِتِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَفِي الآخِرَةِ وَيُضِلُّ اللَّهُ الظَّالِمِينَ وَيَفْعَلُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ''Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.''(Ibrahim :27)


=>MENGHINDARI SUUL KHOTIMAH

Para salafus soleh sering takut dan kawatir akan suul khotimah atau kesudahan yang buruk,bagaimana dengan kita........????


Rosululloh bersabda :''demi Alloh yang tiada Tuhan selain Dia,adakalanya seseorang dari kamu beramal dengan amalan ahli syurga hingga jarak antaranya dengan syurga itu hanya sehasta saja.tapi suratan takdir lebih cepat sehingga iapun beramal dengan amalan ahli neraka,maka masuklah ia ke dalam neraka.dan adakalanya seseorang dari kamu beramal dengan amalan ahli neraka hingga jarak antaranya dengan neraka itu hanya sehasta saja.tapi ia di dahului dengan takdirnya sehingga iapun beramal dengan amalan ahli syurga,maka masuklah ia ke dalam syurga''.(HR :Bukhari,Muslim).


Dalam hadist lain :''adakalanya seseorang beramal dengan amalan ahli syurga dalam pandangan orang ramai,padahal ia ahli neraka.dan adkalanya seseorang beramal dengan amalan ahli neraka dalam pandangan orang ramai,padahal ia ahli syurga''(HR :Bukhari).

Berkata para ulama : orang-orang yang di kuatirkan suul khotimah ialah orang-orang yang suka melalaikan sholat,suka minum kamr/arak,derhaka pada kedua orangtua,yang suka menyusahkan orang muslim lainnya.orang-orang yang selalu berbuat maksiat dan orang-orang yang enggan bertaubat.

ثُمَّ كَانَ عَاقِبَةَ الَّذِينَ أَسَاءُوا السُّوءَى أَنْ كَذَّبُوا بِآيَاتِ اللَّهِ وَكَانُوا بِهَا يَسْتَهْزِئُونَ''Kemudian, akibat orang-orang yang mengerjakan kejahatan adalah (azab) yang lebih buruk, karena mereka mendustakan ayat-ayat Allah dan mereka selalu memperolok-oloknya..''(Ar-Rum :10).

Kita selalu memohon dan menyadari bahwa kemungkinan tercabutnya nikmat Alloh yang di sebabkan kelalaian dalam mensyukuri nikmat yang besar ini,iaitu nikmat Islam yang tersebar di antara segala nikmat....

Sebagian para salaf bersumpah dengan nama Alloh bahwa ;tiada seorangpun yang sangat merasa aman dari tercabutnya Islam dari dirinya,kecuali ia pasti tercabut.oleh sebab itu ,hendaklah terus-menerus memohon dan merendahkan hati kepada Alloh Azza Wajalla agar Alloh mengurniakan khusnul khotimah atau kesudahan yang baek buat kita.

Di sebutkan bahwa Iblis(laknat Alloh atasnya)berkata :''patah tulang punggungku kerna orang yang memohon khusnul khotimah !'',
saudaraku,hati'' dengan ujub(bangga)dengan amalan yang kita kerjakan ,kerna takutnya kita akan tergelincir.

Yaa Alloh,yaa Tuhanku!kami memohon dengan cahaya wajah-Mu yang mulia dan dzat-Mu yang haq,agar Engkau kurniakan kepada kami khusnul khotimah ketika mati.juga bagi orang'' yang kami cintai serta kaum muslimin smuanya,wahai Yang Paling pengasih dari sekalian pengasih!.

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ
(Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)Al-Imran :8.

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَتَوَفَّنَا مُسْلِمِينَ....(Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami dan wafatkanlah kami dalam keadaan berserah diri (kepada-Mu)".......
(Al-A'raf :126)



=>PERKARA2 APA SAJA TERHADAP ORANG SAKARATUL MAUT

Disaat kita menghadapi orang sakaratul maut disunnahkan memiringkan ke sebelah kanannya dan menghadap kiblat.apabila telah meninggal ,hendaknya kedua matanya di tutupkan,taukah bahwa pandangan matanya mengikuti nyawa yang pergi itu.

Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam bersabda :"sesungguhnya pandangan itu akan mengikuti arah roh."

Sangat di anjurkan pada kita yang hadir untuk memperbnyak istighfar memohonkan ampunan kepadanya,memohon rahmat dan mendoakannya,sebab para malaikat akan mengaminkan semua dosa tersebut.

Menangisi orang mati itu boleh,akan tetapi bersabar adalah lebih baek dan utama.adapun meratap dengan suara keras serta menyebut2 jasa2 orang mati secara berlebihan,meletakkan tanah atau pasir di atas kepala,menampar-nampar pipi serta mengoyak-ngoyak pakaian,semua itu adalah HARAM dan amat terlarang dalam agama.banyak hadist shahih yg melarang perbuatan tersebut serta mengancam dengan seksaan yang berat.

--DI LARANG MENGHARAPKAN MATI

Mengharap mati adalah Makruh apalagi kerna di sebabkan penyakit,kemiskinan atau bencana,masalah yang laen.Orang yg berputus asa ,adalah teman dekatnya syaitan.

Tapi jika ia mengharap mati kerna takut akan menjadi fitnah yang akan membahayakan agamanya,perkara itu di benarkan ,bahkan di anjurkan.

Sabda Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam :"jangan sekali kali seseorang di antara kamu berangan-angan untuk mati kerna suatu bencana yang menimpa dirinya,tetapi jika terpaksa dan tidak boleh tidak,maka hendaklah ia berkata :ya Alloh,ya Tuhanku,biarkanlah aku hidup sekiranya hidup itu adalah lebih baik bagi diriku,dan wafatkanlah aku sekiranya kematian itu adalah lebih baik bagi diriku."(Bukhari,Muslim,Abu Daud,Tirmidzi).

Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam bersabda :"janganlah seseorang di antara kamu mengharapkan mati.jika ia seorang yang baik,mudah2an ia dapat menambah kebaikannya.atau jika ia seorang yg jahat mudah2an ia dapat bertaubat. "(HR:Bukhari).

Maut tidak mengenal siapapun dia,berlaku buat semua orang tanpa terkecuali..hanya Alloh yang Kekal dan Abadi,takkan di liputi kematian dan kebinasaan,yang Awal tanpa Permulaan,dan yang Akhir tanpa Kesudahan.

"....Tiap-tiap sesuatu pasti binasa, kecuali Allah. Bagi-Nya lah segala penentuan, dan hanya kepada-Nya lah kamu dikembalikan"(Al-Qhashas : 88).

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.(Al-Imran:185) "

=>PERSIAPAN MENUJU ALAM BARZAKH

''....Dan barang siapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.''(Al-Baqarah :121).

manusai ini lahir dalam kodrat ganjil.sebelum lahir mereka tidak bercita-cita untuk hidup,dan setelah hidup tidak pula ingin mati.kebanyakan manusia lupa akan tujuan untuk apa mereka di hidupkan,mereka lupa hidup hanya sesaat,dan mereka lupa hidup ini akan di akhiri dengan kematian.

Ada beberapa sebab mereka lupa akan kematian di antaranya:
A.ingin hidup terus.

B.ingin kesenangan tanpa putus.

C.takut akan datangnya kematian.


Sifat manusia tidak pernah merasa puas,takut mati dan enggan berpisah dg keluarga,padahal hidup di dunia tidak abadi.yang hidup pasti mati.ika ingin hidup terus kekal abadi maka pilihlah hidup akhirat,sebab di sanalah hidup yang kekal,bukan di dunia ini.


''Sedang kehidupan akhirat adalah lebih baik dan lebih kekal..''(Al-A'la :17).


Manusia itu sangat nista,yang di cari kesenangan,sudah senang ingin senang.kesenangan itu tidak pernah terasa namun kesusahan itulah yang menjadi pembicaraa sepanjang hari.tidak dapat tidur malam hari memikirkan kesusahan.begitulah kesenangan yang di cari,kiranya kesusahanlah yang terus dirasakan.

''Dan orang-orang yang kafir amal-amal mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu dia tidak mendapatinya sesuatu apa pun. Dan di dapatinya (ketetapan) Allah di sisinya, lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah adalah sangat cepat perhitungan-Nya.''(An-Nur :39).

Apakah fatamorgana : pantulan sinar di padang pasir dan akan nampak dari kejauhan seperti air sungai yang mengalir tenang tapi jika di dekati tiada apapun.

Kesenangan yang mutlak di dunia memang tidak ada,di dalam senang ada susah.orang-orang bodoh meyangka kesenangan itu terdapat dalam harta benda,itu sebabnya manusia banyak yang batil kerana mengharap kaya,disangkanya kekayaan itu dapat mewujudkan kesenangan.

Socrate pernah berkata :

-berita yang paling di senangi orang ialah apa-apa yang belum pernah mereka dengar.

-yang sulit mencapainya ialah angan-angan.

-yang paling di takuti ialah mati.

Orang beriman tidak boleh takut mati,kerna mati adalah pintu gerbang alam akhirat,di sanalah kita nanti menemui Alloh.orang beriman selamanya cinta kepada Alloh Azza Wajalla,semakin tebal keimanan itu,maka semakin cinta ia kepada Alloh. jika orang sudah di mabuk cinta,maka di telinganya selalu dengar,dan di matanya selalu terbayang-bayang akan apa yang di cintainya,baginya seluruh perhatiannya,pemikirannya,perasaannya dan setiap denyut jantungnya tertuju kepada apa yang di cintainya itu.seluruh rongga kalbunya penuh dengan rasa rindu.kalau sudah sampai ketingkat ini,maka setiap kali teringat kepada Alloh Azza Wajalla,mengalir airmatanya.


Rosululoh shollallohu alaihi wa-sallam bersabda : dari Abi Hurairah r.a,katanya bersabda Nabi''barangsiapa yang tidak suka menemui Alloh,maka Alloh tidak pula suka menemuinya.

''hendaklah kamu sering mengingat HAZIMIL-LAZAT,yakni MAUT.''(HR :Tirmidzi).

=>RENUNGAN PERJALANAN ROH DI ALAM DUNIA

Dari Anas r.a berkata bahwa Rosululloh saw bersabda mengenai seorang bayi sampai usia pikun :
''segala kebajikan yang di kerjakan akan di catat pahalanya untuk kedua orangtuanya.jika ia melakukan kesalahan,tidaklah di catat dosa atasnya dan tidak pula atas orangtuanya.apabila ia telah baligh mulai di catat perbuatannya,maka Alloh Azza Wajalla akan memerintahkan malaikat yang bersamanya untuk memeliharanya serta membenarkan langkahny.

Apabila ia mencapai usia 40tahun sebagai seorang muslim maka Alloh akan memeliharanya dari tiga penyakit iaitu :gila,barah hati dan sopak(belang).
Apabila ia mencapai usia50tahun Alloh akan meringankan hisab(perhitungan) atasnya.
Apabila ia mencapai usia 60tahun ,Alloh akan memudahkan baginya untuk kembali kepada-Nya dalam hal-hal yang di sukai-Nya.
Apabila ia mencapai usia 70tahun,nescaya ia akan di cintai oleh seluruh penghuni langit.
Apabila ia mencapai usia 80tahun,Alloh mencatatkan segala kebajikan baginya dan mengampuni segala kejahatannya.

Kemudian apabila mencapai usia 90tahun,Alloh akan mengampuni segala dosanya yang terdahulu dan dosanya yang akan datang dan menizinkannya memberi syafaat kepada semua ahli rumahnya,dan ia laksana ''tawanan''Alloh di muka bumi ini.
Apabila ia mencapai usia pikun atau nyanyok,sehingga tidak mengetahui lagi apa yang dahulu pernah ia ketahui,maka Alloh Azza Wajalla akan mencatatkan baginya segala kebajikan yang pernah ia lakukan pada masa sehatnya dahulu,dan jika ia pernah berbuat suatu dosa,tidaklah dicatatkan lagi baginya sesuatupun.''

(hadist tsb di tulis oleh Syaikh Ahmad bin Ali bin Abul Qasim al-Yamani dalam kumpulan''Empat puluh Perkara Pengampunan Dosa Manusia yang terdahulu dan yang terkemudian'')

Bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam : ''seorang mukmin akan mati dalam keadaan sesuai dengan hidupnya dan akan dibangkitkan(di hari kiamat)sesuai dengan keadaan matinya.''

Bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam:''Apabila Alloh Azza Wajalla menghendaki kebaikan bagi seorang hamba,maka di''manis''kan-Nya sebutannya.''baginda di tanya :apakah yang di maksud dengan 'memaniskannya'?''jawabnya :''di dorongnya untuk beramal soleh sebelum wafatnya.''(HR :Tirmidzi).


Pada suatu hari ada jenasah seseorang melintas di hadapan baginda,lalu baginda bersabda :''Bebas atau membebaskan''Baginda di tanya :''wahai baginda Rosululloh!apa maksud 'bebas atau membebaskan'?''baginda shollallohu alaihi wa-sallam menjawa :''seorang mukmin yang meninggal dunia akan bebas dari gangguan dunia dan penderitaannya menuju kepada rahmat Alloh.sedangkan kematian seorang derhaka,akan membebaskan seluruh hamba Alloh,negara,pepohonan dan binatang daripada gangguannya.''(HR:Bukhari,Muslim).


Bersabda Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam kepada Abu Dzar r.a.:''Dzar!sesungguhnya dunia ini adalah penjara bagi orang mukmin,sedang kubur adalah tempat aman baginya dan syurga adalah tempat tujuannya.''wahai Dzar!sesungguhnya dunia itu adalah syurga bagi orang kafir,sedang kubur adalah tempat seksaan dan neraka adalah tempat tujuannya.''

Berkata Ibnu Abbas r.a. :sekiranya engkau melihat seseorang sedang menghadapi maut,maka gembirakanlah agar ia menemui Alloh Azza Wajalla dengan menyimpan sangkaan baik teradap-Nya.

Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu Ilaik=>
Bagikan Ke :

terra

Obat Herbal Probiotik