ALAM BARZAKH

Assalamualaykum warohmatullohi wabarokatuh.

bismillaahirrohmaanirrohiim



MERENTASI ALAM BARZAKH
------------------------------------------


Apakah alam barzakh ?alam barzakh adalah masa dimana roh itu berpisah dari tubuh sampai hari berbangkit nanti iaitu setelah kiamat.


وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ
''...Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan.''(Qs.Al-Mukminun:100).

Kubur itu pintu gerbang akhirat, pintu masuk untuk menemui Alloh Azza Wajjala,untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan di alam dunia.

Alloh sangat Maha Adil,yang salah tetap di hukum ,yang benar akan dapat pahala yang besar pula.
Ketika mayat di masukkan ke dalam kubur maka kubur akanmenyambutnya seperti hadist Nabi :

''Daripada Abi Al-Hajaj ra,mengatakan bahwa Rosululloh Shollallohu Alaihi Wa-sallam bersabda : ketika mayat itu di letakkan di dalam kubur,maka kubur itu berkata sambil mengeluh,; ''aduhai anak adam...apakah engkau tidak tau bahwa aku ini rumah fitnah,rumah gelap,rumah sempit dan dingin,rumah
cacing ? Apakah engkau tidak menduga ketika lewat di atas punggungku ? Kalau sekiranya mayat hamba yang sholeh ,maka dia akan jawab dengan baik.kata kubur itu lagi : apakah engkau mengerjakan amar makruf,nahi mungkar ? Aku mengubah tubuhmu menjadi rumput hijau,membuat jasadmu menjadi nur dan menaikkan rohmu ke hadirat Alloh Taala.''(Riwayat:Thabrani).

Di sanalah tubuh terbaring iaitu di tempat gelap, sempit, dan dingin sendirian tanpa sebuah pintu kecuali hanya lorong kegelapan. Seluruh tubuh di makan ulat, mata dan telinga akan menjadi sarang cacing. Adapuin bagi orang-orang beriman dan beramal sholeh , liang lahat itu terasa tidur di tilam sutera,sedap dan nyaman dan tekanan kubur baginya serasa pangkuan ibundanya.demikian sabda Rosulillah Shollallohu Alaihi Wa-sallam.

Tidak lama setelah mayat di kubur,datanglah dua malaikat memeriksa dan menyeksa tergantung amal perbuatan di dunia seperti sabda Rosululloh Shollallohu Alaihi Wa-sallam :

Daripada Anas ra mengatakan bahwa bersabda Nabi Shollallohu Alaihi Wa-sallam :''seorang hamba apabila telah di letakkan di dalam kuburnya dan kawan''nya sudah bergerk hendak pulang,maka si mayat itu mendengar bunyi sandal mereka itu.ketika itu datanglah dua malaikat mendudukkan mayat itu seraya berkata :Apa yang dapat engkau katakan mengenai Nabi Muhammad Shollallohu Alaihi Wa-sallam ? Adapun orang mukmin menjawab :Aku saksikan bahwa dia adalah hamba Alloh dan Rosul-Nya.kata malaikat itu :Lihatlah olehmu tadinya tempat dudukmu di neraka,di tukar oleh Alloh dengan tempat duduk di syurga.Kata Nabi Shollallohu Alaihi Wa-sallam kedua tempat duduk itu jelas di perlihatkan kepadanya semuanya.Adapun orang kafir atau munafik menjawab :Aku tidak tau.Aku mengatakan apa yang dikatakan oleh oranglain terhadapnya.kata malaikat itu: Tidak engkau tau dan tidak engkau ikuti dengan baik.Lalu di pukulnya dengan pemukul dari besi,lantas di pukul itu memekik dan pekiknya itu terdengar oleh yang mengiringnya kecuali manusia.'' (Riwayat:Tarmizi)

Di dalam hadist ini di katakan bahwa yang ditanyakan itu ialah Nabi Muhammad Shollallohu Alaihi Wa-sallam . Maksudnya ialah mengamalkan ajarannya yang bersumber dari Al-Quran dan Sunnah nya, inilah yang harus di pertanggung jawabkan kepada Alloh Azza Wajjala. adapun malaikat yang bertanya itu di dalam hadist di jelaskan namanya ,Munkar dan Nakir.

Hadist dari Abu Hurairah r.a mengatakan bersabda Nabi Shollallohu Alaihi Wa-sallam : apabila meninggal seorang hamba , maka datanglah dua malaikat, yang satu bernama Munkar dan yang satu lagi bernama Nakir. Kedua malaikat itu bertanya :apa yang dapat engkau katakan dari hal Nabi Shollallohu Alaihi Wa-sallam . apabila di tanya itu orang mukmin ,dia akan menjawab: bahwa dia adalah hamba Allohj dan Rosul-Nya. aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Alloh dan Muhammad itu adalah Rosul-Nya. kata malaikat itu: sekarang kami telah mengerti akan apa yang engkau katakan itu. Sudah itu dilapangkan kuburnya tujuh puluh hasta persegi dan di terangi dengan nur. dikatakan: Sekarang tidurlah engkau. Kata mayat itu: Doakanlah aku supaya aku kembali kepada keluargaku untuk mengabarkan (kesenangan ini)kepada mereka itu. Sesudah itu kata malaikat itu:
Tidurlah! Maka tidurlah dia seperti tidur pengantin. Tidak pernah bangun kecuali bila dia ingin menemui keluarganya. demikianlah sampai hari berbangkit.
Adapun orang munafik, katanya: aku tidak tahu. aku hanya mendengar orang lain mengatakan sesuatu tentang dia, lantas aku katakan pula apa yang di katakan itu. kata malaikat itu:
Sekarang kami telah mengerti akan apa yang kamu katakan itu.Sesudah itu di katakannya kepada bumi: Himpitkan olehmu.Lantas di himpitnya sehingga berserakan tulang rusuknya. Dia senantiasa di azab, di seksa sampai dia di bangkitkan dari kuburnya itu nanti di hari kiamat.(Riwayat: Tirmidzi Hadist Hasan)

Hukum di dunia dengan harta kita bisa membeli hakim.Tapi jika sudah berhadapan dengan malaikat Alloh yang taat dan tidak pernah membantah perintah Alloh,bisa apa kita ? Apa yang akan dibanggakan ?Sudahkah kita persiapskan jawaban atas pertanyaan malaikat kubur ?Apakah kita mampu menjawabnya sedangkan kita enggan dan bermalasan mengerjakan Sunnah-sunnahnya.

Astaghfirrullohal'adzim.

Dari Abu Hurairah r.a mengatakan bersabda Nabi Shollallohu Alaihi Wa-sallam :Orang mukmin itu di dalam kuburnya seperti di dalam kebun yang hijau.kuburnya(terasa) lapang tujuh hasta persegi,terang benderang seperti bulan purnama.tahukah kamu dari hal ayat yang berbunyi : ''Maka bahwasannya dia berkehidupan sempit''.jawab sahabat :Alloh dan Rosul-Nya yang lebih mengetahui.jelas Nabi Shollallohu Alaihi Wa-sallam ialah orang kafir itu di azab di dalam kuburnya.Dibawahkekuasaan sembilan puluh sembilan TANIN.tahukah kamu yang di maksud TANIN ? iaitu sembilan puluh sembilan ekor ular yang mempunyai tujuh kepala.Ular itu melilit dan menyembur tubuhnya sampai hari kiamat.(Riwayat:Ibnu Hiban).

Tidak ada dari kita yang tidak mau kesenangan.Tapi Alloh Azza Wajjala yang menentukan semua itu.

Mari selalu dan selalu mengharap kasihsayang-Nya.Jangan tangisi kesusahan di dunia kerna kesusahan itu ada batasnya dan jangan kalian berbangga dengan harta kalian di
dunia,hartamu tidak akan mampu menyelamatkan azab di alam Barzakh kecuali engkau jalankan di jalan Alloh.
Jangan kau menumpuk harta,ingatlah umurmu terbatas dan tahukah engkau umur sesaat di dunia ini menentukan segalanya di alam Barzakh juga di alam akhirat.

Kita hinakan diri kita di hadapan Alloh,jangan sekali-kali kita menghinakan diri di hadapan makhluk jika kita tidak mau di Naas jadi musuh Alloh layaknya Fir'aun.Munkar dan Nakir tidak tentu bentuknya ,salah satu sifat-sifat malaikat ialah bentuk dan rupanya dapat berubah-ubah, begitu juga jika datang kepada orang beriman bentuknya menyenangkan dan jika datang kepada orang-orang kafir dan berdosa bentuknya akan sangat menyeramkan. Hal ini tentu melihat ringan-beratnya dosa seseorang,jika semakin bbesar dosanya maka bentuk malaikatsemakin menakutkan dan mengerikan ,bertubuh hitam,tinggi menjulang kelangit dan dari mulutnya keluar api..wallohu'alam

Astaghfirrullohal'adzim,,semoga kita terselamatkan dari siksa

dan azab kubur...aamiinn


=>TEMPAT ROH DI ALAM BARZAKH

Manusia itu ibarat pelita,tubuh ini ibarat batang lampu, darah adalah minyaknya, rongga perut, hati, jantung dan usus ibarat sumbu dan roh atau nyawa di umpamakan api yang menyala.
Angin adalah penyakit, kalau minyak kurang maka api lampu itu akan redup lampunya.kalau minyak habis maka apinya akan mati, jikalau ada angin kencang lampu juga akan mati.Api itu akan kembali menjadi udara kerna asal api dari udara.demikian pula halnya roh atau nyawa dengan tubuh.

Roh keluar dari tubuh di sebut Ajalulloh yang di sebut Mati.Nabi memberi contoh dengan anak yang baru lahir. Setelah lahir maka tidak akan mahu kembali kedalam perut ibunya.

Adapun tempat arwah di alam barzakh menurut hadist Nabi berada di Jannatul Barzakh.Di sanalah mereka itu senang menunggu hari kiamat.

Daripada Ibnu Mas'sud ra,mengatakan bahwa Nabi bersabda : ''Arwah para syuhada itu di sisi Alloh menjelma dalam kelembutan burung yang beterbangan kian kemari,sesudah itu dia bernaung pada kendil-kendil di bawah Arasy.''(Riwayat:Muslim)

وَلا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا بَلْ أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ
Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki.(Ali Imran: 169)

kematian bagi orang-orang beriman hanyalah berpindah tempat dari sangkar yang sempit , terbang ke alam bebas, alam yang penuh kesenangan dan kebahagiaan,mereka akan beterbangan kesana-kemari,di taman bunga yang indah dan berenang-renang di telaga Al-Kautsar.

Hadist dari Said Al Khudri ra. mengatakan , bersabda Rosullulloh Sahollallohu Alaihi Wa-sallam : Para arwah itu mereka makan-makan, bersenang-senang, sesudah itu mereka bernaung pada kendil-kendil yang tergantung di Arasy. Maka berfirman Alloh Azza Wajjala kepada mereka itu. Adakah kamu tahu apakah kemuliaan yang lebih baik dari kemuliaan yang kamu kecap sekarang ini ? Jawab mereka: Tidak ada yang lain , hanya kami ingin sekali supaya roh kami di kembalikan lagi ke dalam tubuh kami supaya kami berperang sekali lagi. berperang sambil mempertahankan agama Engkau.(Riwayat:Muslim)

di Jannatul Barzakh inilah berkumpul sekalian arwah nabi-nabi, para syuhada, para muttaqin, dan sholihin. Dan seluruh orang muslimin. ini berdasarkan firman Alloh Azza Wajjala:

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ وَحَسُنَ أُولَئِكَ رَفِيقًا ,ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللَّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ عَلِيمًاDan barang siapa yang menaati Allah dan Rasul (Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya,,Yang demikian itu adalah karunia dari Allah, dan Allah cukup mengetahui.(Qs.An-Nisa :69-70).


Bersabda Nabi Shollallohu Alaihi Wa-sallam :
Bahwa roh orang mukmin setelah berada di barzakh saling bertanya(satu sama lain) dari hal berita kehidupan di dunia. (Riwayat:Muslim).

Di sana mereka akan saling bertanya bertegur sapa satu sama lain, arwah yang dah lama dan yang baru saling bertanyakan segala sesuatu mengenai keluarganya, anak istrinya, alangkah beruntung orang-orang beriman...Subhanalloh.

Bagi orang yang beriman dan beramal soleh maka di sanalah(jannatul barzakh) hidup bahagia,tidak ada dengki, iri hati, cemburu, hasut, caci-maki.Tidak ada pangkat tinggi rendah.Medapat rezeki yang cukup dari Alloh Azza Wajjala.Tidak ada niat jahat, bebas bepergian kemana suka, bertemu dengan anak, ibu bapanya dan orang-orang yang di kasihi dan di rindui jika mereka meninggal duluan.Bertemu dengan para solihin, para muttaqin, para nabi, bertemu dengan Nabi Muhammad Shollallohu Alaihi Wa-sallam dan semua sahabat yang hidup di masanya.MasyaAlloh indahnya.

SUBHANALLOH ,BEGITU BAHAGIA TERGOLONG ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN BISA BERTEMU NABI Shollallohu Alaihi Wa-sallam, SAHABAT, SAUDARA-SAUDARA KITA.
Yaa Alloh masukkan kami dalam golongan orang-orang yang beruntung dan mendapatkan JANNATUL BARZAKH.AAMIIN...

KUBUR ITU ADALAH SALAH SATU LUBANG NERAKA,ATAU SALAH SATU TAMAN SYURGA .(Al-Hadist).

Dari Ibnu Umar ra mengatakan :Bersabda Rosululloh Shollallohu Alaihi Wa-sallam :''Apabila meninggal seorang dari kamu,maka di perlihatkan kepadanya setiap pagi dan petang tempat yang akan di huninya nanti di syurga atau neraka.Kepada orang syurga diperlihatkan tempatnya,iaitu syurga,dan kepada orang neraka di perlihatkan tempatnya di neraka.Di katakan kepadanya bahwa inilah tempatnya nanti.Yang demikian ini terus-menerus sampai di bangkitkan dari kuburnya di hari kiamat.'' (Riwayat :Syaikhan).

Bagaimana nasib para orang-orang kafir,munafik dan ashil muahidin adalah orang beriman tapi berdosa dan selalu buat maksiat ? Di barzakh mengalami bermacam-macam azab seksaan yang tidak dapat di gambarkan betapa ngerinya. di dlam hadist dikatakan mereka dipukul dengan tongkat api dan jeritannya terdengar oleh binatang. Adapun orang kafir di barzakh tidak bertempat, hanya berkeliaran antara langit dan bumi.

Bagi mereka kehidupan di alam Barzakh adalah derita dan sengsara yang tidak terhingga.NAUDZUBILLAH.JAUHKAN KAMI DARI SIKSA DAN DERITA DI ALAM BARZAKH.

إِنَّ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا لا تُفَتَّحُ لَهُمْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَلا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى يَلِجَ الْجَمَلُ فِي سَمِّ الْخِيَاطِ وَكَذَلِكَ نَجْزِي الْمُجْرِمِينَ,,Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan.(Qs.Al Araf :40).


Bagi arwah orang kafir dan berdosa tidak terbuka pintu langit.setelah selesai tanya jawab dengan Munkar Nakir di kubur ,maka roh itu di bawa ke langit.sampai di langit pertama maka tertutup pintu langit.oleh malaikat penjaga langit,roh itu di pukul dan jatuh ke bumi.mereka tidak bertempat dan berkeliaran di antara langit dan bumi.Mereka mengharap doa dari anaknya dan keluarga dan kaum muslimin lainnya.


''Mayat itu di dalam kubur nya adalah seperti orang karam di laut.dia selalu menunggu-nunggu doa dari anaknya,doa dari bapanya,atau saudaranya,atau dari temannya.kalau doa itu sampai kepadanya,maka dia lebih senang dr dunia dan segala yang terdapat di dunia ini''
(Riwayat:Abu Manshur Dailami).


Yaa Alloh yaa Robbi ,tiada hamba pantas ke syurga-Mu, tapi hamba tidak kuat di nerakaMu.

Yaa Alloh hamba takut siksa kubur,hamba takut yaa Alloh.
Beri hamba kekuatan untuk selalu di jalanMu dan mati dalam keadaan iman islam dalam Redha-Mu.aamiin

senyum santun
Bagikan Ke :

terra

Obat Herbal Probiotik