ALAM DUNIA I

assalamualaykum warohmatullohi wabarokatuh

=>MENEMPUH UMUR TUA

Dalam tahap usia tua ini,Rosululloh menamakan masa "MENGHAMPIRI MAUT",iaitu masa usia 60th hingga 70th keatas ,
dlam hal ini Baginda shollallohu alaihi wa-sallam bersabda : "masa penuaian umur umatku dari 60 hingga 70th"(HR.Muslim dan Nasai).

Apakah kita semua akan mencapai umur seperti di atas,dan apakah kita bisa memanfaatkan umur yg di berikan Allah Azza Wajjala kepada kita ??

Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam di wafatkan oleh Allah Azza Wajjala dlam usia 63th menurut riwayat yg shahih.demikian pula para shabat Abu Bakar,Umar dan Ali radhiallahu anhum.adapun Usman r.a.beliau di panjangkan usia hingga mencapai usia 80th...


Sabda Rosululloh shollallohu alaihi wa-sallam : Allah tidak akan menerima dalih seseorang,sesudah ia memanjang usianya hingga mencapai 60th.(HR.Bukhari).



=>TUMBUHNYA UBAN DI KEPALA

Uban di kepala seorang muslim adalah nur(cahaya),sbgaimana tsb dlm sbuah hadist : "berubannya rambut seorang muslim merupakan nur baginya"(HR.Tirmidzi dan Nasai).

Banyak dari kita mendapati uban malu,bingung membuangnya,mewarnai,apakah kita menolak nur yang datang kepada kita...??

Orang pertama yg beruban ialah Nabi Ibrahim al-Khalil a.s...ktika Beliau melhat rambut putih ,Beliau bertanya "wahai Tuhan-ku, apakah ini?" Allah menjawab."ini tanda kewibawaan" maka brkata Ibrahim lagi : "Tuhan-ku,tambahkanlah itu bagiku!"

Berkata al-Khatib Ibnu Nutabah :sesungguhnya uban itu laksana perbatasan hidup yg tidak dp di sekat, kerosakannya tidak dp di perbaiki oleh zaman. ini adalah cahaya bersama dengan surutnya nafas seseorang, yg akan memimpin setiap insan ke tmpat tersimpannya tulang belulang. oleh karena itu,semoga Allah merahmatimu, jangan membakar cahaya ubanmu dengan api2 dosamu !.



=>MENEMPUH USIA PIKUN

"Allah menciptakan kamu dlm keadaan lemah,kemudian dijadikan Nya kamu kuat sesudah lemah, kemudian dijadikan Nya kamu lemah dan tua bangka sesudah kuat. Allah menjadikan apa yg di kehendaki Nya,sedang Dia Maha Mengetahui lagi Berkuasa"(Ar-Rum :54).


Dan jika manusia sudah tua ,maka akan beralih pula ke usia yg paling hina iaitu menjadi tua pikun.

"..... dan di antara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah (pikun), supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa....."(An-Nahl :70).

Sebaek baek kamu ialah orang yg panjang umurnya dan baek pula amalannya.(alhadist).

Semoga kita semua tergolong orang2 yg beruntung punya umur panjang dah bermanfaat dan selalu dalam naungan redha Nya.aamiin.
senyum santun
Bagikan Ke :

MAU JADI RESSELER ?