Filled Under:

“Dzikir Cinta”


Makna dan Hikmah Nuzulul Quran

Bismillah ...
Nuzulul Quran adalah saat turunnya Al-Quran ke dunia dari Lauhil Mahfuzh (Tempat Terjaga) di langit pada tanggal 17 Ramadhan, yang juga disebut "Lailatul Qadr". Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad adalah surat Al Alaq ayat 1-5 yang bila diterjemahkan menjadi "Bacalah (iqra) dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan".

Makna membaca (Iqra) pada ayat di atas sebenarnya bukan hanya membaca secara harfiahnya saja, tapi makna ini ditafsirkan sangat luas, termasuk juga membaca tanda-tanda zaman, mengkaji ilmu pengetahuan, melakukan penelitian ilmiah, mengamati ciptaan Allah yang maha luas. Karena selain membaca ayat-ayat Ilahiyah, juga membaca ayat-ayat Kauniyah, yakni membaca alam semesta dengan ilmu pengetahuan, akal dan teknologi.

Keutamaan Al Quran :
1. Rasulullah Saw bersabda; “Bacalah Al-Quran, karena ia akan datang di hari kiamat sebagai pemberi syafaat (pembelaan) bagi ahlinya. “(HR.Muslim:804
)
2. Sabda Nabi SAW : ” sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari al Quran dan Mengajarkannya.” (Al-Bukhari).
3. Sabda Nabi SAW : “Siapa saja membaca satu huruf dari kita Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnnya.” (HR.At-Tirmidzi). Keutamaan Mempelajari Al-Qur’an, menghafalnya dan pandai membacanya.
4. Sabda Nabi SAW :”Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (H.R Muttaffaq ‘alaih).
5. Bulan suci Ramadhan selain bulan turunnya alQuran, juga bulan penuh rahmat, sehingga orang yang membaca 1 huruf dari al-Quran akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah menjadi 10x lipat daripada bulan-bulan selain Ramadhan.
Yuk mumpung Ramadhan belum pergi,dan mumpung kita masih merasakan bulan Ramadhan, mari kita memperbanyak membaca AlQuran, apalagi malam lailatul Qadar adalah malam yang nilai kemuliaannya setara dengan 1000 bulan.

Semoga Allah meridhoi kita dan menerima serta melipatgandakan semua amal ibadah kita di bulan suci ini amiin ya Robbal 'alamin.

(♥ Subhanallah || Semoga Bermanfaat & Silahkan Di Share ♥)
BERSIHKAN HATI MENUJU RIDHA ILAHI ...
Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa atuubu Ilaik ..."

Share by: https://www.facebook.com/suryadi.cunk

0 komentar:

Post a Comment

Labels

loading...

Copyright @ 2017 Titian Tasbih.

Designed by Aufa | Probiotik