Hukum menuntut ilmu apa?

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



• Fardhu A'in hukumnya wajib untuk diketahui setiap individu. Semua ilmu syar'i tentang perkara2 agama baik asas ( aqidah,tauhid sampai ke cabangnya seperti sholat,zakat,puasa,h­aji dll)

• Fardhu kifayah.
Apabila sebagian orang telah mengetahui dan mempelajari maka gugurlah kewajiban yg lain. Jika tidak ada yg mengetahui dan mempelajari maka semua berdosa karenanya.

Hati bisa sakit layaknya sakit jasmani disembuhkan dengan Taubat. Hati bisa berkarat layaknya cermin akan cemerlang dengan zikir. Hati bisa telanjang seperti badan dan pakaian keindahannya adalah taqwa.Hati bisa lapar dan dahaga maka makanan & minumannya adalah mengenal dan ingat Allah.


Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rosul bersabda :

" Sesungguhnya Alloh mempunyai malaikat yang berkeliling di bumi dan utama2 keadaan. Tugas mereka ialah mengikuti majelis2 dzikir, maka apabila mereka menemukan sesuatu majelis zikir didalamnya. Mereka pun lalu duduk bersama oråňƍ2 yang zikir itu dan saling berputar menaungi mereka dengan sayap sayapnya antara satu dengan yang lain, sehingga memenuhi tempat yang ada diantara mereka dengan langit dunia. Selanjutnya jikalau oråňƍ2 yang berzikir itu telah berpisah, para malaikat tadi lalu mendaki dan naik ke langit, kemudian Allah bertanya kepada mereka tetapi Allah sebenarnya lebih mengetahui tentang hal itu.
" Dari manakah engkau semua datang? " Mereka menjawab : " Kita semua baru datang dari hamba2Mu yang ada dibumi, mereka itu sama bertasbih, bertakbir,bertahlil dan bertahmid serta memohonkan sesuatu padaMu".

FirmanNya :
" Apakah yang mereka mohonkan padaKu?" Dijawab : "Mereka mohon surgaMu" FirmanNya : " Apakah mereka pernah melihat surgaKu?" Dijawab : " Tidak ya Tuhan " FirmanNya : "Bagaimana pula sekiranya mereka pernah melihat surgaKu itu?" Para Malaikat berkata lagi : " Mereka itu juga memohonkan perlindungan padaMu?" FirmanNya : "Dari apakah mereka sama mohonkan perlindungan padaKu?" Dijawab : " Dari nerakaMu ya Tuhan" FirmanNya : "Apakah mereka pernah melihat nerakaKu itu?" Dijawab : "Tidak pernah". FirmanNya : "Bagaimana pula sekiranya mereka pernah melihat nerakaKu?" Para Malaikat berkata lagi : "Mereka juga memohonkan pengampunan dari padaMu?" Allah lalu berfirman: "Sungguh2 Aku telah mengampuni mereka itu, kemudian Aku berikan pula apa2 yang mereka minta dan Aku berikan perlindungan pula mereka itu dari apa2 yang mereka mohonkan perlindungannya" Rosul bersabda : "Para Malaikat itu berkata " Ya Tuhan dikalangan mereka ada seorang hamba yang banyak sekali kesalahannya, ia hanyalah berjalan saja melalui oråňƍ2 yang berzikir tadi lalu duduk bersama mereka." Allah lalu berfirman" Kepada orang itupun Aku berikan pengampunan pula.Mereka adalah kaum yang tidak akan celaka orang yang suka mengawani mereka.( Riwayat Muslim)

" Ingatlah kamu kepadaKu, niscaya Aku ingat pula padamu, dan bersyukurlah padaKu dan janganlah kamu mengingkari nikmatKu". (QS : Al-Baqarah : 152 )

Setelah menuntut ilmu,menata hati,ingat Allah lewat zikir dan baca Alquran lalu ditutup dengan berdoa.

Alquran menyelamatkan manusia dalam kegelapan. Dengan Alquran Allah membukakan mata yg buta, telinga yang tuli dan hati yang lalai. Bila dibaca dengan benar, dipahami setiap surat dan ayat2nya,melaksanaka­n perintah2 yang ada didalamnya,menjauhi larangan2nya,berakhl­ak dengan apa yang disyariatkan, menerapkan nilai yang terkandung terhadap dirinya,keluarganya dan masyarakatnya akan berpengaruh pada hidup kita, hidup kita jadi tentram,aman dan bahagia dunia akhirat.
Bagikan Ke :

terra

Obat Herbal Probiotik