** KEAJAIBAN SHOLAT MENURUT ILMU KESEHATAN CHINA ( RAHASIA WAKTU-WAKTU SHOLAT FARDHU ) **

Assalamualaikum warohmatullohi wa barokaatuh

"Sesungguhnya sholat bagi orang mukmin ialah kewajiban yang tertentu (telah di tetapkan) waktunya " (QS.AN-NISA :103)

Waktu2 SHOLAT mengajarkan kita untuk selalu menghargai waktu dan hidup sesuai dengan siklus alam semesta waktu-waktu sholat yang kita lakukan sangat sesuai kaidah dan ketentuan sistem terapi dalam ilmu kesehatan china.

SHOLAT SHUBUH :Terapi Paru-Paru
>> waktu pelaksana'an sholat shubuh adalah sejak terbit fajar sampai hampir terbit matahari. Shubuh merupakan waktu yang tepat untuk proses terapi sistem pernafasan dan paru-paru, karena pada pagi hari udara masih bersih , oksigen masih segar . Dari paru-paru darah mengambil "bahan bakar" yang masih baru dan bersih akhirnya keseluruhan organ menerima pasokan nutrisi yang bersih selanjutnya tubuh menjadi segar kembali dan otak menjadi jernih..

Penelitian mutakhir dalam ilmu medis barat juga mengungkap kebiasa'an bangun pada waktu shubuh di temukan di temukan pada dini hari sekitar pukul 3;00-5;00 terjadi proses detoksin (pembuangan zat racun) di bagian paru-paru oleh karena itu biasanya pada durasi waktu ini penderita batuk akan mengalami batuk hebat ini karena proses pembersihan (detoksin) telah mencapai saluran pernafasan.

Paru-paru dan usus besar merupakan organ yang paling berpasangan usus besar merupakan pengatur panas dalam perut jantung termasuk organ yang memilki sifat panas yang berlebihan dengan pernafasan yang di lakukan pada sa'at udara benar-benar bersih kita dapat mengarahkan panas jantung ke paru-paru dan dengan demikian mendinginkan panas dalam perut.

SHOLAT DZHUHUR : Terapi Jantung dan Usus Kecil
>> waktu dzuhur adalah sejak tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit hingga sa'at bayangan benda sama panjang dengan benda tersebut.

Jantung merupakan organ yang biasa di hubungkan dengan proses mental. beberapa bentuk tekanan emosional seperti pusing berdebar-debar , sesak nafas dan kemunduran vitalitas merupakan gejala-gejala umum dari penyakit jantung kemunduran chi jantung di tandai dengan kelemahan secara umum seperti bicara terengah-engah pernafasan yang pendek-pendek dan sering berkeringat jika wajah bengkak dan berwarna tidak cerah kaki dan tangan terasa dingin ini di namakan kemunduran chi jantung gelisah , lekas marah pusing kehabisan akal dan tidak bisa tidur adalah kemunduran darah jantung bisa juga terasa aliran darah yang deras pada telapak tangan dan wajah , serangan demam ringan dan berkeringat pada malam hari gejala kelebihan chi jantung adalah akibat panas jantung ini terlihat dalam serangan demam tinggi yang kadang-kadang di sertai dengan mengigau perasa'an berdebar-debar yang mengganggu kegelisahan yang sangat tidak dapat tidur dan sering mimpi buruk wajah berwarna merah padam lidah berwarna merah atau terasa panas dan sakit dan sering merasa panas ketika buang air kecil.

Waktu pelaksana'an sholat dzuhur sangat sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan china yang berpendapat bahwa berdasarkan sirkulasi chi waktu yang tepat untuk melaksanakn terapi organ jantung adalah pada pukul 11;00-13;00 waktu dzuhur adalah sa'at kita berada di puncak kepenatan akibat aktivitas sepanjang siang dengan melakukan sholat dzuhur sebagai bentuk relaksi dan di padhukan dengan basuhan air wudhu panasi jantung yang berlebihan bisa menjadi normal kembali akhirnya hal ini mempengaruhi sistem lainya karena fungsi jantung yang merupakan " penguasa " pembuluh-pembuluh jantung memompa darah agar selalu mengalir untuk membawa sari-sari makanan yang di butuhkan oleh organ-organ lainya tubuh kita yang penat dan pikiran kita yang sumpek akan tersegarkan kembali dan siap melanjutkan aktivitas.

SHOLAT ASHAR: Terapi Kandung Kemih
>> waktu ashar adalah setelah habus waktu dzuhur hingga terbenam matahari dalam ilmu kesehatan china pada pukul 15:00-17:00 merupakan waktu yang tepat untuk melakukan terapi kandung kemih karena pada sa'at itu mulai terjadi kesesuaian secara perlahan secara hawa tubuh manusia dan hawa di sekitarnya perubahan dari hawa yang panas menuju dingin.

Fungsi utama kandung kemih adalah mengubah cairan tubuh menjadi air kencing dan mengeluarkanya dari tubuh jika fungsi trsebut berjalan terjadilah keseimbangan kimiawi dalam tubuh sehingga metabolisme terjaga jika fungsi ini terhambat akan terjadi penumpukan cairan yang tidak bermanfa'at dan mengandung racun sehingga mempengaruhi kerja organ-organ internal lainya.

Jika ini terjadi proses pendinginan tingkat chi yang seharusnya di keluarkan menjadi menumpuk dan menimbulkan panas yang tinggi yang akhirnya mempengaruhi pula kerja ginjal,,jadi ibadah sholat ashar bermanfa'at untukmeningkatkan daya kerja kandung kemih sehingga dapat lancar mengeluarkan racun yang di akibatkan oleh proses kimiawi tubuh yang berlangsung selama aktivitas sepanjang siang.

SHOLAT MAGHRIB : Terapi Ginjal
>> waktu maghrib di laksanakan pada waktu sesudah matahari terbenam hingga lenyapnya mega merah di sebelah barat ,ginjal dan kandung kemih adalah organ yang berpasangan kedua organ tersebut mengontrol tulang-tulang sumsum dan otak bertanggung jawab terhadap fungsi-fungsi pertumbuhan , perkembangan dan reproduksi kesehatan .

Kedua organ internal ini tercermin pada kondisi rambut kepala mereka memainkan peran yang sangat penting dalam metabolisme air dan mengendalikan cairan tubuh dan juga keseimbangan panas dan dingin yang sangat fundamental bagi tubuh.

Untuk mengetahui gejala-gejala kemunduran energy dingin ginjal sesungguhnya mudah biasanya , punggung bagian bawah terasa lemah dan sakit ada suara mendengung pada kedua telinga dan kehilangan ketajaman pendengaran wajah berwarna keabu-abuan dan gelap khususnya di bawah kedua mata . biasanya kepala terasa pusing haus dan berkeringat di malam hari dan sering masuk angin ringan.

Gejala-gejala kemunduran energy panas secara signifikan berkaitan dengan kehilangan energy atau panas serupa dengan kemunduran energy dingin ginjal ada dengungan pada telinga , pusing dan rasa sakit di punggung bawah namun rasa sakit inidi tandai dengan rasa dingin , lemah dan lesu yang sangat . Biasanya kemunduran energy dingin ginjal menimbulkan gangguan fungsi-fungsi limpa kecil dan paru-paru.

Di tinjau dari ilmu pengobatan china waktu pelaksana'an sholat maghrib merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan terapi organ ginjal waktu maghrib adalah sa'at-sa'at hawa udara semakin menurun dan sistem organ juga mulai menyesuaikan diri dengan energy di sekitarnya.

SHOLAT ISYA : Terapi Perikardium dan Triple Burner ( san jiao )
>> waktu isya di laksanakan setelah habis waktu maghrib hingga menjelang shubuh.

San jiao adalah konsep dalam ilmu kesehatan china yaitu sebuah organ fungsional yang tidak di kenal oleh ilmu kedokteran barat modern.

Menilik makna kata asalnya yaitu lapisan yang terletak di bawah kulit dan di antara otot-otot sebagian ahli mengajukan teori bahwa organ ini sama dengan sistem limfatik san jiao di anggap terutama bersifat energetik dan tidak memiliki komponen fisik.

Fungsi perikardium adalah membuang kelebihan energy jantung dang mengarahkanya pada titik laogong yang terletak pada pusat telapak tangan dari laogong kelebihan energy akan di lepaskan secara alamiyah sehingga terciptalah stabilitas tingkat energy jantung titik laogong di gunakan dalam ilmu kesehatan china untuk mengurangi suhu tubuh selama terkena sakit demam.

Waktu yang tepat untuk melakukan terapi organ parikardium adalah pada pukul 19:00-21:00 pada waktu tersebut hawa di sekitar sudah mulai rendah dari pada hawa tubuh maka di perlukan penyesuaian sistem energy di dalam tubuh manusia untuk bisa menyesuaikan diri dengan hawa di sekitarnya.

Pada waktu pelaksana'an shalat isya di mulailah penurunan kerja organ internal yang telah di gunakan dalam aktivitas sehari-hari tubuh memasuki masa istirahat terutama kerja jaringan otot yang di gunakan untuk gerak dan berfikir
waktu isya bisa di sebut sebagai masa pendinginan keseluruhan sistem organ dan saraf.Proses pengistirahatan tubuh kemudian di sempurnakan dengan tidur pada malam hari.

Catatan Kaki:
Paparan di atas tidaklah mutlak untuk menyatakan bahwa alasan penetapan waktu shalat adalah untuk menyesuaikan dengan sirkulasi chi dalam tubuh manusia terlebih lagi untuk daerah-daerah subtropis panas , musim panas siang lebih panjang dari pada malam sehingga waktu pelaksana'an sholat pun bergeser oleh karenanya perlu di berikan penjelasan yang lebih khusus.

Namun teori sirkulasi chi ini dapat kita manfa'atkan untuk merenungkan keagungan perintah melaksanakan sholat pada waktunya.
perhatikan bagaimana untuk melaksanakan sholat kita di perintahkan untuk memperhatikan posisi matahari perubahan matahari menyebabkan pula perubahan suhu gelombang elektromagnetik dan lain-lain .

Ini semua mungkin bisa di anggap chi langit,seperti alam semesta tubuh kita pun mengalami siklus harian ilmu medis barat menemukan bahwa setiap hari berlangsung siklus metebolisme tubuh manusia, ilmu kesehatan china mengungkap adanya siklus chi harian dalam tubuh manusia.

Artikel dari sebuah buku yang berjudul :
keajaiban sholat menurut ilmu kesehatan china.

pengarang : lukman hakim saktiawan (guru kungfu dan fraktisi terapi pengobatan tradisional china )
LihatTutupKomentar