ALAM BARZAKH II

Bismillahirrohmanirrohim.........

~LAMANYA MASA BERADA DI BARZAKH~

Disebutka bahwa lamanya di barzakh sejak roh lepas dari tubuh hingga kiamat dan hari berbangkit,
iaitu setelah kiamat,setelah alam ini di ratakan oleh Alloh dan setelah ada alam lain.ketika itu manusia di bangkitkan dari kuburnya.kapan hari kiamat,itu urusan Alloh Azza Wajjala tapi sudah sangat jelas tanda-tanda datangnya kiamat seperti yang di sebutkan dalam hadist.

Hidup di dunia hanya sesaat,tetapi menentukan kehidupan yang akan datang.Amal perbuatan yang baek akan di balas oleh Alloh dengan balasan yang baek, bahagia, kekal selamanya.

Begitu pula orang yang jahat,berdosa dan melanggar perintah-Nya maka baginya seksa yang pahit pedih kekal selamanya.Kita hidup di dunia berapa lama,maka segera taubatlah selagi masih ada pintu taubat.


Di dalam Al-quran di sebutkan orang kafir itu berputus asa di alam kubur :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَتَوَلَّوْا قَوْمًا غَضِبَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ قَدْ يَئِسُوا مِنَ الآخِرَةِ كَمَا يَئِسَ الْكُفَّارُ مِنْ أَصْحَابِ الْقُبُورِ

''Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu jadikan penolongmu kaum yang dimurkai Allah, sesungguhnya mereka telah putus asa terhadap negeri akhirat sebagaimana orang-orang kafir yang telah berada dalam kubur berputus asa..''.(Qs.Al-Muntahinah:13).


Orang-orang beriman di dalam kuburnya akan terasa sebentar.Seperti Ashabul kahfi yang di tidurkan dalam gua, mereka tidur lebih dari tiga ratus tahun lamanya,tapi bagi mereka terasa sehari saja.

Begitu pula orang-orang beriman di alam barzakh,walau kita tidak tau berapa lama lg kiamat,mungkin jadi bisa jutaan tahun lagi kiamat tapi mereka akan terasa tidur semalam saja.

أَوْ كَالَّذِي مَرَّ عَلَى قَرْيَةٍ وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَى عُرُوشِهَا قَالَ أَنَّى يُحْيِي هَذِهِ اللَّهُ بَعْدَ مَوْتِهَا فَأَمَاتَهُ اللَّهُ مِائَةَ عَامٍ ثُمَّ بَعَثَهُ قَالَ كَمْ لَبِثْتَ قَالَ لَبِثْتُ يَوْمًا أَوْ بَعْضَ يَوْمٍ قَالَ بَلْ لَبِثْتَ مِائَةَ عَامٍ فَانْظُرْ إِلَى طَعَامِكَ وَشَرَابِكَ لَمْ يَتَسَنَّهْ وَانْظُرْ إِلَى حِمَارِكَ وَلِنَجْعَلَكَ آيَةً لِلنَّاسِ وَانْظُرْ إِلَى الْعِظَامِ كَيْفَ نُنْشِزُهَا ثُمَّ نَكْسُوهَا لَحْمًا فَلَمَّا تَبَيَّنَ لَهُ قَالَ أَعْلَمُ أَنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Atau apakah (kamu tidak memperhatikan) orang yang melalui suatu negeri yang (temboknya) telah roboh menutupi atapnya. Dia berkata: "Bagaimana Allah menghidupkan kembali negeri ini setelah hancur?" Maka Allah mematikan orang itu seratus tahun, kemudian menghidupkannya kembali. Allah bertanya: "Berapa lama kamu tinggal di sini?" Ia menjawab: "Saya telah tinggal di sini sehari atau setengah hari". Allah berfirman: "Sebenarnya kamu telah tinggal di sini seratus tahun lamanya; lihatlah kepada makanan dan minumanmu yang belum lagi berobah; dan lihatlah kepada keledai kamu (yang telah menjadi tulang belulang); Kami akan menjadikan kamu tanda kekuasaan Kami bagi manusia; dan lihatlah kepada tulang belulang keledai itu, kemudian Kami menyusunnya kembali, kemudian Kami membalutnya dengan daging". Maka tatkala telah nyata kepadanya (bagaimana Allah menghidupkan yang telah mati) dia pun berkata: "Saya yakin bahwa Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu".(Qs.Albaqarah:259)

وَلَبِثُوا فِي كَهْفِهِمْ ثَلاثَ مِائَةٍ سِنِينَ وَازْدَادُوا تِسْعًا,قُلِ اللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا لَبِثُوا لَهُ غَيْبُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ أَبْصِرْ بِهِ وَأَسْمِعْ مَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَلِيٍّ وَلا يُشْرِكُ فِي حُكْمِهِ أَحَدًا

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi).Katakanlah: "Allah lebih mengetahui berapa lamanya mereka tinggal (di gua); kepunyaan-Nya-lah semua yang tersembunyi di langit dan di bumi. Alangkah terang penglihatan-Nya dan alangkah tajam pendengaran-Nya; tak ada seorang pelindung pun bagi mereka selain daripada-Nya; dan Dia tidak mengambil seorang pun menjadi sekutu-Nya dalam menetapkan keputusan".(Qs.Al-Kahfi:25-26)


Tidak perlu di jelaskan di sini kisah tujuh pemuda yang taat dan teguh kepada Alloh dan di tidurkan ratusan tahun.
Cukup kita mengambil hikmah bahwa di alam barzakh tidak akan terasa lama bagi orang-orang yang beriman dan akan terasa panjang dan lama bagi orang-orang kafir dan berdosa kerna mereka tiada henti mendapat seksa.

=>MANFAAT DAN BERKAH DOA ANAK SHOLEH

Hanya sehelai kain putih yang dibawa kita menuju alam barzakh, dan itulah harta yang kita bawa walaupun dalam keadaan kaya se kayanya di dunia,sedang kekayaan yang di upayakan akan di bagikan ke ahli warisnya,seseorang lahir dalam keadaan telanjang dan kita kenbali dalam keadaan telanjang pula.

Sungguhpun begitu,menurut hadist selain kafan yang di bawa yang akan menolong kita meringankan seksa kubur adalah Sedekah Jariah, Ilmu yang manfaat dan Doa anak yang sholeh.

Dari abu Hurairah ra. mengatakan bersabda Rosululloh Shollallohu Alaihi wa-sallam : Apabila marti anak adam(seseorang), maka putus hubungannya dengan dunia kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariah, ilmu yang manfaat dan doa anak yang sholeh(Riwayat:Muslim)

-Sedekah jariah adalah segala yang di sedekahkan kerna Alloh.pahala amal jariah inilah yang ikuty meringankan penderitaan di akherat. semakin banyak sedekahnya semakin banyak hartanya di akherat.

-Ilmu yang manfaat ialah pahala mengajarkan Al-Quramn. mengajarkan dan mempelajari keduanya sama-sama berpahala. pahala inilah nanti di bangkitkan sebagai harta benda yang melimpah.

-Doa anak yang sholeh,adalah beruntung mereka yang mati meninggalkan anaknya dengan ilmu agama dan menjadi anak yang sholeh yang akan selalu mendoakan bapak ibunya dengan ikhlas mengharap ampunan akan kedua orangtuanya yang sudah meninggal dunia.Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam selalu menziarahi makam ibunya. dibersihkan kuburnya di cabuti rumput-rumputnya sesudah itu Nabi berdoa dan menangis,begitu juga makam bapaknya.

Dari Umar bin Khattab ra. menagtakan: kami pernah bersama Rosululloh pergi ke suatu pekuburan. Maka Nabi duduk pada sebuah kuburan dan dekatnya para sahabat lainnya. lalu Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam menangis dan akupun ikut pula menangis para sahabat lainnya menangis pula.

Lalu Nabi bertanya:Apa sebabnya kamu menangis? Kami menangis kerna Engkau menangis.

Sabda Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam: Ini adalah kubur ibuku, Aminah binti Wahab, aku minta izin kepada Tuhan-ku untuk menziarahi kubur ini,lantas di izinkan. Lalu aku minta supaya ibiku ini di ampuni. Dalamhal ini Alloh merasa enggan. Maka bagaimana cinta kasih seorang anak kepada ibunya.(Riwayat: Ibnu Majah)

Adapun orang-orang yang berdosa setelah berada di kubur itu,mereka adalah orang yang malang. sebab di waktu itu taubat sudah tidak diterima lagi. Di barzakh mereka berkeliaran antara langit dan bumi,kadang mereka datang ke anaknya dan keluarganya,juga saudara-saudaranya,kawan-kawannya dulu semasa hidup di dunia hanya sekedar ingin di doakan.juga menunggu setiap orang yang lewat disana berharap mahu mendoakan.

Itulah sebabnya Nabi menganjurkan kita setiap lewat di tanah pekuburan hendaklah berdoa.tolonglah dia dengan doa kerna dia sedang mengharapkan pertolongan. Nanti Alloh akan membalasnya . Sesampainya di kuburan , maka duduklah sebentar melepas kepenatan dan lihatlah sekeliling merenung kemudian berdoa.

arwah yang duduk di kubur itu mengenal setiap orang yang lalu lalang dan mendengar pembicaraan mereka. Dia mengenal saudara-saudara yang sama bergaul dan bermain dengannya di masa hidup dahulu. sekarang lewat di hadapannya lalu di tegurnya, tapi suaranya tidak terdengar dan tubuhnya tidak kelihatan,karena roh terdiri atas tubuh halus.arwah itu mendengar perkataan orang hidup.

Dari Umar bin Khattab ra. mengatakan : ketika terbunuhnya pemimpin-pemimpin quraish di waktu perang Badar Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam memanggil mereka,katanya:

Hai fulan, hai fulan, hai fulan. Engkau telah mendapatkan apa yang telah dijanjikan Tuhan-ku kepadaku sebenarnya adalah benar. Dan adakah kamu dapatkan pula kebenaran yang telah di janjikan Tuhan-mu terhadap kamu itu?

Ditanya: Ya Rosululloh,Engkau panggil mereka,padahal mereka itu telah meninggal. jawab Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam:

Demi Alloh Subhanahu Wata'ala yang diriku di dalam tangan-Nya, dia mendengar perkataanku ini, hanya saja tidak sanggup menjawabnya.(Riwayat:Muslim)

Di anjurkan Ziarah pada hari jum'aat.
Dari Ja'far bin Muhammad ra. mengatakan: bahwasannya Fatimah binti Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam berziarah ke kuburan bapak saudaranya, Hamzah, beberapa hari lamanya. maka dia bersholawat dan menangis di kuburan itu. Kata Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam:

Barangsiapa berziarah ke kuburan orangtuanya atau salah seorang dari keduanya itu,hendaklah pada tiap-tiap hari jum'aat. Lalu di ampuninya dan di catat hal yang demikian ini sebagai berbuat baik kepada ibu bapaknya itu.(Riwayat:Tabrani)

Dari Umar bin Khattab ra. mengatakan : Bersabda Nabi Shollallohu Alaihi wa-sallam : Mayat itu di azab di dalam kuburnya karena dia di ratapi(Riwayat:Bukhari)

Semoga menambah keimanan kita dan selalu tawakalloh dan takut melakukan maksiat kepada Alloh Azza Wajjala.Kita akan kembali kepada Alloh, kita terlahir suci maka sebisa mungkin siapkan bekal untuk kembali kepangkuaan-Nya.Ingatlah Alloh mempersiapkan dua tempat untuk semua hamba-hamba-Nya iaitu Syurga dan Neraka.Tergantung jalan dan tempat mana yang kita tuju n jadikan tujuan dalam hidup ini...semuga gambaran sedikit tentang perjalanan alam barzakh ini menambah keimanan kita dan mempersiapkan bekal sebaik-baiknya.

Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu Ilaik.

semuga ada manfaat
LihatTutupKomentar