***BUMI DAN KUBUR MEMANGGIL***



Anas bin malik ra berkata: bahwa bumi setiap hari memanggil dengan sepuluh kalimat,yaitu:

1). wahai anak adam,engkau berjalan di atas punggungku dan engkau akan kembali ke dalam perutku.

2).Engkau berma'syiat di atas punggungku,maka
engkau akan disiksa dalam perutku.

3). Engkau tertawa diatas punggungku,maka engkau akan menangis dalam perutku.

4).Engkau makan barang haram diatas punggungku,maka engkau akan dimakan ulat dalam perutku.

5). Engkau bergembira di atas punggungku,Maka engkau akan bersedih dalam perutku.

6).Engkau mengumpulkan barang haram di atas punggungku,Maka engkau akan hancur dalam perutku.

7).Engkau terlalu sombong di atas punggungku,Maka engkau akan terhina dalam perutku.Engkau berjalan dengan senang di atasku punggungku,Maka engkau akan jatuh dalam perutku

9). Engkau berjalan di bawah cahaya di Atas punggungku,Maka engkau akan duduk dalam gelapnya perutku.

10).Engkau berjalan dengan orang banyak di atas punggungku,Maka engkau akan duduk sendirian dalam perutku.

DALAM HADITS LAIN DI JELASKAN: bahwa kubur itu setiap hari memanggil dengan tiga kali seruan,yaitu:

1).Aku ini adalah rumahnya orang sendirian,Rumah duka cita,rumah kala jengking dan ular.

2). Aku adalah rumah kegelapan.

3). Aku adalah rumah ulat,dan apa persiapanmu sebelum memasuki aku?

ADA PULA YANG MENGATAKAN: bahwa kubur itu setiap hari memanggil,dengan 5 panggilan,yaitu:

1). Aku adalah rumah orang sendirian,maka carilah teman yang setia untukmu dengan banyak membaca Al-QUR'AN.

2).Aku adalah rumah kegelapan,Maka terangilah Aku dgan sholat malam.

3). Aku adalah debu, Maka bawalah tikar dengan banyak beramal shalih.

4). Aku Adalah rumah ular besar,maka bawalah penawar nya dengan membaca: بسم الله الرحمن الرحيم yang di sertai mengalirkan air mata (karena rasa takutnya kepada Allah).

5).Aku adalah rumah pertanyaan munkar dan nakir,maka perbanyalah diatas punggungku dengan membaca: لا اله الاالله محمدا رسول الله,supaya dirimu bisa menjawab pertanyaan dari munkar dan nakir.

~ 26 Ramadhan 1433H ~

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadualla ilahaa illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
LihatTutupKomentar