Sunnah Sahur

بِســـمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــم

Firman Allah ta’ala:
Dan makan minumlah kalian hingga telah jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam waktu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa hingga malam.” (Al-Baqarah: 187)

HadistAnasbinMalik-radhiallahu’anhu-beliau berkata,bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,Makan sahurlah kalian karena pada sahur terdapat berkah.”(HR. al-Bukhari no. 1923 dan Muslim no.770)

Hadist’Amrubinal-’Ash-radhiallahu’anhu-beliau mengatakan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,Pembeda antara puasa kita dan puasa ahli kitab adalah makan sahur.(HR. Muslim no. 770-771, Abu Dawud no. 2343, at-Tirmidzi no. 708, an-Nasa`i no. 2165, Ahmad 4/197 dan 202 dan ad-Darimi no. 1697)

HadistAbu Sa’idal-Khudri-radhiallahu’anhu-dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sahur adalah berkah, makan janganlah kalian meninggalkannya walaupun salah seorang diantara kalian hanya dengan meneguk satu tegukan air. Karena sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya mendoakan orang-orang yang makan sahur.(HR. Ahmad 3/12 dan 44)

Hadist Abdullah bin Abbas, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mintalah bantuan dengan makan sahur dalam pengerjaan puasa siang hari dan dengan tidur siang dalam pengerjaan shalat malam.(HR. Ibnu Majah no. 1695 dan al-Hakim 1/425)

Hadistal-’Irbadh bin Sariyah beliauberkata,”Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengundangku untuk makan sahur pada bulan Ramadhan,sembari mengatakan, “Marilah menikmati makan pagi yang ber-berkah.(HR. Abu Dawud no.2344, an-Nasa`i no.2162, Ahmad4/129, al-Baihaqi 4/236 dan Ibnu Khuzaimah no. 1938)

Dan beberapa ulama telah mengutip adanya kesepakatan/ijma’ akan sunnahnya sahur bagi orang-orang yang hendak mengerjakan puasa, selama tidak dikhawatirkan masuknya waktu fajar.

Senyum santun santap sahur dan selamat menjalankan Puasa yang insyaAlloh sudah hari ke enam.....
semuga amal ibadah puasa saudara fillah di terima Alloh Subhanahu Wata'ala...aamiiin

~ 6 Ramadhan 1433 H ~

سبحانك الله وبحمدك أشهد أن لا إله إلا أنت، أستغفرك وأتوب إليك

LihatTutupKomentar