˚•╰☆╮•Ingat Lima Perkara•╰☆╮•˚

Dari Ibnu Abbas bahwasannya Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda :" manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara yakni;

1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu.

2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu.

3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu.

4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu .

5. Masa hidupmu sebelum datang kematianmu.

( HR. Imam Hakim dalam kitab al-Mustadrak).


Maksud dari hadits ini adalah agar kita mampu mempergunakan waktu dan kesempatan sebaik- baiknya sebelum hilangnya kesempatan tersebut.Sesungguhnya salah satu kunci kesuksesan kita baik di dunia dan di akhirat adalah bagaimana kita mampu mempergunakan kesempatan tersebut sebaik-baiknya.Kesempatan dan waktu hanya sekejap pergipun begitu cepat. Maka akan sangat merugi andaikan kita tak mampu memanfaatkan sebaik- baiknya. Kilatan waktu ibarat pedang jika kita tak menebasnya maka ia akan menebas kita dalam arti jika kita tak mempergunakan dengan baik akan merugikan kita karena waktu hanya ada dua pilihan; membangun atau merusak,bermanfaat atau berbahaya, bermanfaat atau merugikan.

Saudaraku..waktu dan kesempatan yang kita miliki merupakan wahana ujian untuk membuktikan kualitas diri kita di hadapan Allah. Ia juga merupakan anugerah Ilahi yang wajib kita syukuri dan mengisinya dengan berbagai amal sholeh serta berlomba-lomba dalam berbagai kebaikan agar kita tidak tergolong hamba-Nya yang merugi. “ Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” ( QS. Al- Ashr : 1-3 ).
Bagikan Ke :

Obat Herbal Probiotik di Pelopori oleh Prof.Ahli mikrobakteriologi dunia