Tiupan Kebangkitan

Assalamu'alaykum warohmatullohi wabarokatuh

~TIUPAN KEBANGKITAN~

Alloh Azza Wajjala akan menghamparkan bumi dan membentangkannya terhampar dan rata,sehingga tidak kelihatan ada yang tinggi ataupun rendah.kemudian terdengarlah teriakkan yang amat keras,maka semua makhluk pun berada di bumi yang di gantikan,dalam keadaan yang sama seperti keadaan mereka sebelumnya.Yang berada di atas muka bumi tet...ap juga disitu.Menurunkan air dari bawah 'Arasy yang dinamakan HAYAWAAN(air kehidupan),yang menghujani kamu selama empatpuluh hari,sehingga air di atasmu mencapai kedalaman duabelas hasta.

Imam al-Qurthubi rahimahullah juga menyebut di dalam kitabnya at-Tadzkhirah.

Kemudian Alloh memerintahkan semua jasad-jasad itu tumbuh laksana sayuran,hingga apabila telah menjadi sempurna seperti bentuk sebelumnya,maka Alloh pun berfirman:

''Hiduplah sekalian pemikul 'Arasy!Hiduplah Jibril,mikail dan Isrofil.''

Isrofil lalu di perintahkan oleh Alloh untuk membawa SHUR(sangkakala),dan setelah Ia menyeru agar semua Roh didatangkan.adapun Roh para muslimin bersinar kemilauan,sedangkan Roh yang lain keruh gelap gulita.semua Roh dikumpulkan dan di tempatkan di dalam SHUR,Kemudian Alloh berfirman kepada Isrofil:

''TIUPLAH TIUPAN KEBANGKITAN!'',maka Isrofil meniup sankakala itu,lalu keluarlah daripadanya semua Roh makhluk laksana lebah yang keluar dari sarangnya,memenuhi ruangluas antara langit dan bumi.


Ketika itulah Alloh berfirman :''Demi kemuliaan-KU dan kebesaran-KU.hendaklah setiap roh kembali ke jasadnya.''maka setiap Roh di bumi akan memasuki jasad masing'' .menyusuf ke dalam hidungnya,lalu terserap ke dalam tubuh,seperti terserapnya racun di dalam tubuh oleh ular berbisa.

Setelah itu bumi akan terbelah .lalu muncullah kamu sekalian dari perut bumi dan aku(kata Rosululloh Shollallohu Alaihi Wa-sallam),adalah yang pertama kali muncul.ketika itu kamu sekalian keluar dalam keadaan muda belia seperti berumur 33tahun.kamu bergegas menuju kepada Tuhan-Mu dengan berduyun'' mengikuti suara yang menyeru dan orang'' kafir akan mengatakan ''inilah hari yang penuh kesulitan.''(iaitu hari kebangkitan).dan Kami(Alloh mengumpulkan mereka ,tiada seorangpun yang Kami tinggalkan).''

Shur,adalah seperti tanduk besar yang terbuat dari cahaya,tidak ada seorangpun yang mengetahui besarnya ukurannya kecuali Alloh Azza wajjala.

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الأرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا
وَعُرِضُوا عَلَى رَبِّكَ صَفًّا لَقَدْ جِئْتُمُونَا كَمَا خَلَقْنَاكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍ بَلْ زَعَمْتُمْ أَلَّنْ نَجْعَلَ لَكُمْ مَوْعِدًا

Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama; bahkan kamu mengatakan bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan bagi kamu waktu (memenuhi) perjanjian.(Al-Kahfi:47-48)

setiap orang akan mati seperti dalam keadaan hidupnya dan akan di bangkitkan seperti dalam keadaan matinya.(Riwayat: Muslim)

Manusia akan di kumpulkan dalam keadaan bertelanjang kaki dan tubuhnya, tidak berkhitan, kaum wanita bercampur dengan kaum lelaki.''Berkata Aisyah ra: Aduhai malunya!. Apakah orang-orang akan saling melihat satu sama lain?'' Jawab Rosululloh Shollallohu Alaihi Wa-sallam : ''Keadaan mereka terlalu dahsyat sehingga tak sempat memperhatikan seperti itu''(Riwayat: Bukhari,Muslim dan Tirmidzi).


Setelah manusia semua bangkit dari kubur masing-masing mereka pun di perintahkan untuk menuju ke Mahsyar.
Di katakan tempat itu ialah ''al-ardhul-mubarakah''(tanah yang di berkati) dan ''al-ardhul-muqaddasah''(tanah yang di sucikan) di negeri Syam(Palestin).para malaikat akan menghalau mereka kesana.

Ada riwayat yang mengatakan bahwa Alloh Azza Wajjala akan membangkitkan api dari perut bumi Aden yang akan menggiring manusia ke Mahsyar.
Ada pula yang mengatakan bahwa api itu akan muncul dari Barhut,sebuah lembah di negeri Hadramaut,lalu api itu akan berarak bersama manusia kemana saja mereka pergi,di waktu siang ,petang atau pagi hari,dalam satu perjalanan secepat perjalanan unta.


Dan pada hari itu semua amalan kita di dunia akan dirupakan atau di wujudkan di hari Mahsyar itu.amalan yang soleh akan mengiring pelakunya,menentramkanya.amalan jahat akan membuat gelisah pelakunya dan terus menerus mengecamnya,bahkan adakalanya akan menungganginya dan memaksa untuk memikul amal-amal buruknya itu di punggungnya.

وَلَيَحْمِلُنَّ أَثْقَالَهُمْ وَأَثْقَالا مَعَ أَثْقَالِهِمْ وَلَيُسْأَلُنَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَمَّا كَانُوا يَفْتَرُونَ

Dan sesungguhnya mereka akan memikul beban (dosa) mereka, dan beban-beban (dosa yang lain) di samping beban-beban mereka sendiri, dan sesungguhnya mereka akan ditanya pada hari kiamat tentang apa yang selalu mereka ada-adakan.Qs.Al-Ankabut:13.


Kemudian ,setiap orang akan datang bersama para malaikat yang di tugaskan untuk mencatat semua amalan di masa hidupnya dahulu.

وَجَاءَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَعَهَا سَائِقٌ وَشَهِيدٌ

Dan datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan dia seorang malaikat penggiring dan seorang malaikat penyaksi.Qs.Qaaf:21.


Setiap orang yang berdosa akan nampak amalan-amalanburuk yang pernah di buatnya saat hidup di dunia.

PEMAKAN RIBA:perutnya akan menggelembung sehingga mereka sebentat terjatuh dan sebentar berhenti kerana besarnya perut itu.

PARA PEZINA:akan membesar kemaluannya hingga menyapu tanah.

PARA PEMINUM ARAK:ketika di bangkitkan ,tangan-tangannya masih memegang gelas-gelas araknya.

PARA PENDUSTA,PENGUMPAT,PENGADU DOMBA(tukang fitnah):lidah masing-masing menjadi panjang sekali sehingga mencapai dada.

KAUM YANG MENOLAK TUNAIKAN ZAKAT:akan di bawa keliling bersama ular-ular yang besar sebagai bukti dari harta-harta mereka yang tidak di zakatkan.

ORANG YANG TAKABUR(SOMBONG):akan di bangkitkan dalam bentuk seperti semut,lalu mereka di pijak-pijak oleh orang-orang baik mupun jahat.

Dan masih banyak lagi bentuk manusia nanti di hari kiamat,semua tergantung amal perbuatannya di dunia.

wallohu'alam bishshowab...

semuga ada manfaat senyum santun erat ukhuwah.

Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu IlaikLihat Selengkapnya
Bagikan Ke :

Obat Herbal Probiotik di Pelopori oleh Prof.Ahli mikrobakteriologi dunia