~NERAKA~ (Bentuk dan Isinya-Tingkatan & Keadaannya)

Perkataan neraka berasal dari kata Ibrani yang mempunyai maksud unggun api.
Neraka adalah darul azab,merupakan tempat seksaan bagi mereka yang ingkar seperti iblis,syaitan serta yang menjadi musuh musuh Alloh seperti Fir'aun,Abu jahal dan orang-orang kafir juga berdosa.
Istilah neraka di dalam Qur'an di sebut dengan Nar atau Narul Jahannam.Di dalam nerakalah orang-orang kafir akan di seksa di bakar dengan api yang sangat panas.

فَاتَّقُوا النَّارَ الَّتِي وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ أُعِدَّتْ لِلْكَافِرِينَ

"....., peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.".Al-Baqarah:24.

وَالَّذِينَ كَفَرُوا وَكَذَّبُوا بِآيَاتِنَا أُولَئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

"Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itu penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya."Al-Baqarah:39.

وَمَنْ يَعْصِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَيَتَعَدَّ حُدُودَهُ يُدْخِلْهُ نَارًا خَالِدًا فِيهَا وَلَهُ عَذَابٌ مُهِينٌ

"Dan barang siapa yang mendurhakai Allah dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan."An nisa':14.

وَعَدَ اللَّهُ الْمُنَافِقِينَ وَالْمُنَافِقَاتِ وَالْكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدِينَ فِيهَا هِيَ حَسْبُهُمْ وَلَعَنَهُمُ اللَّهُ وَلَهُمْ عَذَابٌ مُقِيمٌ

"Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahanam. Mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka; dan Allah melaknati mereka; dan bagi mereka azab yang kekal,"
.At taubah:68.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلائِكَةٌ غِلاظٌ شِدَادٌ لا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan."At Tahrim:6.

Neraka merupakan api yang sangat panas,berjuta kali lipat panasnya daripada api di dunia ini.jikalau api neraka jatuh ke atas dunia ini hanya sebesar zarah maka hancurlah dunia ini.

Imam Qurthubi berkata:"sumber panas di dunia ini dalah matahari dan api yang kita kenal di dunia ini adalah bayangan dari api neraka yang sesungguhnya.jika seseorang berada di tempat matahari terbit dan ketika itu ada sebutir kecil atau di bukakan salah satu pintu neraka itu di tempat matahari terbenam,maka keluar otak kepala karena panasnya."

Sedang mengenai warna api neraka itu tidak tetap.warnanya selalu berubah-ubah menurut waktu tertentu.adakalanya berwarna merah,adakalanya berwarna putih dan kadang-kadang berwarna hitam.

Sabda Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam :
Di nyalakan neraka itu seribu tahun berwarna merah,seribu tahun berwarna putih,dan seribu tahun berwarna hitam.HR:Tirmidzi.

Salman Al Farisi berkata :"bilamana neraka itu berwarna hitam maka hitamnya itu lebih hitam dari malam yang gelap gulita.tiap-tiap warna api neraka itu sama panasnya"

Sesungguhnya panas neraka itu kita tidak mengetahui berapa kadar panasnya.belum pernah di dengar oleh telinga bahkan belum pernah terlintas di dalam hati tentang kepanasan api neraka tersebut.

Dari Ibnu Mas'ud ra. Berkata,bersabda Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam."adapun panas api yang kamu nyalakan di dunia ini(termasuk matahari)hanya sepertujuh puluh daripada panasnya api neraka di akhirat.kalau sedikit saja jatuh ke dunia,niscaya mendidih air laut kerna panasnya".HR:Muslim.


Dari Abu Hurairah ra.berkata .bersabda Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam :"apa yang kamu nyalakan sekarang ini adalah sepertujuh puluh dari panas neraka jahannam".ada yang bertanya: Alloh telah mencukupkan demikian ya Rosululloh.Baginda menjawab:"bahwa neraka itu panasnya di lipatgandakan 99x panas api di dunia."HR:Muslim.


Ketahuilah api neraka kadang menjadi dingin .maka dinginnya neraka lebih dingin dari sesuatu yang paling dingin di dunia.karena terlalu dinginnya sehingga berguguran daging-daging dari tubuh manusia.

Sabda Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam :
Dari Abu Hurairah ra.ia berkata,Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam bersabda: Neraka itu pernah mengadu kepada Tuhan-Nya.katanya:"Hai Tuhan-ku,aku telah memakan satu persatu.maka Alloh Azza Wajjala mengizinkan mempunyai dua nafas.satu nafas di musim dingin,dan satu lagi di musim panas.kalau panas,maka lebih panas daripada panas dunia.dan kalau dingin lebih dingin daripada zamharrir." HR:Muslim.

سَأُصْلِيهِ سَقَرَ
وَمَا أَدْرَاكَ مَا سَقَرُ
لا تُبْقِي وَلا تَذَرُ
لَوَّاحَةٌ لِلْبَشَرِ
عَلَيْهَا تِسْعَةَ عَشَرَ

"Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar.Tahukah kamu apa (neraka) Saqar itu?Saqar itu tidak meninggalkan dan tidak membiarkanNeraka Saqar) adalah pembakar kulit manusia.Di atasnya ada sembilan belas (malaikat penjaga).".Al Muddatsir:26-30.

Neraka itu itu bukan saja berbentuk api unggun yang menyala-nyala dalam sebuah padang yang terbuka luas,tetapi neraka itu bertingkat-tingkat,berpintu-pintu.tiap tingkatan itu sebesar bumi ini,iaitu bergunung-gunung,berbukit -bukit dan bersungai-sungai ,mempunyai telaga dan jurang.semuanya itu terjadi dari api yang sangat panas.

Dalam hadist di sebutkan bahwa neraka itu terdiri dari tujuh pintu,ini berarti tujuh tingkat.karena tiap-tiap tingkat itu mempunyai satu pintu.adapun nama-nama tingkat neraka itu menurut yang terdapat di dalam Al-Qur'an dan hadist iaitu:

NERAKA>>

1.JAHANNAM,

2.LUSA,

3.HATHAMAH,

4.SAIR,

5.SAQRU,

6.JAHIM,

7.HAWIYAH.

1.JAHANNAM

Jahannam adalah tingkat yang di atas sekali.nama jahannam ini di gunakan untuk seluruh nama api neraka itu mulai dari tingkat yang paling atas sampai lapis yang paling bawah sekali.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:

''Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan melakukan kelaliman, Allah sekali-kali tidak akan mengampuni (dosa) mereka dan tidak (pula) akan menunjukkan jalan kepada mereka,kecuali jalan ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Dan yang demikian itu adalah mudah bagi Allah."Qs.An-Nisa':168-169.

2.LUZA

Firman Subhanahu Wata'ala:

"Maka Kami memperingatkan kamu dengan neraka yang menyala-nyala.Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka,yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman)."Qs.Al-Lail:14-16.


3.HATHAMAH

Inilah neraka tingkat ketiga.di sinilah tempat orang yang lalai mengerjakan perintah Alloh Azza Wajjala akan terpengaruh oleh harta benda di dunia.harta-hartanya yang membuat lalai dan derhaka kepada Alloh Azza Wajjala.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:

"sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.Dan tahukah kamu apa Huthamah itu?yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan,yang (membakar) sampai ke hati.Sesungguhnya api itu ditutup rapat atas mereka,(sedang mereka itu) diikat pada tiang-tiang yang panjang."Qs.Al-Humazah:4-9.

Jangan menumpuk harta kalian dan belanjakanlah di jalan Alloh agar engkau selamat dari neraka Hathamah.

4.SAIR

Tingkat keempat ialah Neraka Sair.dalam neraka ini di tempatkan orang yang memakan harta anak yatim.di dalam neraka ini mereka buta,pekak,tuli dan kulitnya tebal seperti Jabal Uhud.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:

"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara lalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).Qs.An-Nisa':10.

5.SAQRU

tingkat kelima ialah Neraka Saqru.di sinilah tempat nya orang yang tidak sembahyang.orang yg tidak mau memberi makan orang miskin,orang yang percaya kepada yang bukan-bukan dan orang yang tidak percaya akan hari kiamat.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:

" berada di dalam syurga, mereka tanya menanya,
tentang (keadaan) orang-orang yang berdosa, "Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan,".Qs.Al-Mudasir:40-46.

6.JAHIM

Tingkat ke enam ialah neraka Jahim.di sini ditempatkan orang kafir,orang yang mendustakan agama,iaitu orang-orang islam yang berdosa.mereka yang berbuat apa yang di larang Alloh Azza Wajjala,misal berzina,minum khamar,membunuh tanpa hak dll.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:

"Peganglah dia kemudian seretlah dia ke tengah-tengah neraka.Kemudian tuangkanlah di atas kepalanya siksaan (dari) air yang amat panas.Rasakanlah, sesungguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia.Sesungguhnya ini adalah azab yang dahulu selalu kamu meragu-ragukannya."Qs.Ad Dukkhan:47-50.

7.HAWIYAH

Inilah neraka yang bawah sekali.alas atau kerak-kerak neraka.di sinilah tempat orang-orang yang berdosa besar.mereka yang menjadi musuh nabi-nabi,umpama Fir'aun,Abu jahal.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:

"Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya,maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?(Yaitu) api yang sangat panas.Qs.Qari'ah:8-11.

Demikian pembagian tingkatan Neraka itu menurut syekh Dahak Al-ahbar.pembagian ini di setujui oleh ahli tafsir dan ahli Usuluddin,di antaranya Syekh Qurthubi dan Imam al Ghazali.

Sesuai firman Alloh Subhanahu Wata'ala:
Sesungguhnya Neraka Jahannam itu tempat siksaan mereka semua.neraka itu mempunyai tujuh pintu.tiap-tiap pintu itu ada bagian yang di tentukan untuk orang-orang berdosa.
Qs.Al Hajr:43-44.



=>DALAM NERAKA DAN KEADAANNYA

Neraka itu seperti bumi kita ini.bergunung-gunung,berbukit-bukit,berlembah-lembah,berlurah,kota,kampung-kampung.semua itu dari api yang panas.

Sabda Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam:

Dari Abi Said Al-Khudri ra,katanya ,Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam pernah membicarakan tentang firman Alloh Azza Wajjala di dalam al-Qur'an yang berbunyi:"Aku akan membebaninya dengan mendaki pendakian yang melelahkan.iaitu gunung di dalam neraka yang sudah mendakinya.orang kafir tujuh puluh tahun mendakinya.demikian ketinggian gunung itu."HR:Rawi Tarmidzi.

Imam Qurthubi menulis di dalam bukunya TAZKIRAH,sEBAGAI BERIKUT: Di dalam neraka itu terdapat dua buah gunung yang tinggi sekali,iaitu GUNUNG DZILLUN & GUNUNG RAQABAH,gunung Dzillun itu tingginya tujuh puluh tahun perjalanan.

Gunung inilah yang tinggi sekali di neraka sehingga puncaknya hampir sampai ke Titian Shirothol-Mustaqim.

''Di dalam neraka itu terdapat sebuah gunung yang bernama Raqabah,yang di lalui oleh mereka yang kafir.gunung ini sangat panasnya.apabila di letakkan tangan di atasnya,maka tangan itu hancur kerana panasnya dan bilamana diangkat,maka kembali seperti semula.'' HR:Tirmidzi.

Neraka juga berlembah-lembah.

Dari Anas ra,mengatakan:Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam pernah membicarakan firman Alloh Azza Wajjala yang bunyinya: "Pada hari itu nereka Wailun bagi orang yang mendustakan."bahwa Wailun itu adalah suatu lembah di dalam neraka Jahannam.dalamnya lembah ini ialah empat puluh tahun perjalanan bagi orang kafir,baru sampai di dasarnya..HR: Muslim.

Lembah ini seram dan menakutkan.penuh dengan binatang yang berbisa.lembah ini sangat panas.inilah lembah yang sangat di takuti.apinya mengaum,menderu menggetarkan sampai ke ulu hati.di sinilah di kumpulkan orang yang mendustakan agama.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:
Kecelakaan yang besarlah pada hari itu bagi orang-orang yang mendustakan..Qs.Al-Mursalat:15.

"Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?Itulah orang yang menghardik anak yatimdan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin.Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang salat,(yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,orang-orang yang berbuat ria.dan enggan (menolong dengan) barang berguna."Qs.Al-Ma'un:1-7.

Di samping itu neraka Wailun ini di sediakan untuk mereka yang sangat buruk pergaulannya antara sesama muslim.orang yang suka memfitnah,mengumpat,mencaci.
Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:

"Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencelayang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya,"Qs.Al-Humazah:1-2.

Selain lembah Wailun ada lagi suatu lembah yang bernama JABAL HAZAN.lembah ini penuh gua-gua yang sangat dalam dan seram lagi menakutkan.sabda Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam:

Dari anas.ra,katanya:Bersabd Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam: Berlindunglah kamu kepada Alloh dari Jabal Hazan.sahabat bertanya:ya Rosululloh!apa yang di maksud dengan Jabal Hazan?jawab Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam: Yaitu suatu lembah di dalam Neraka Jahannam,di sediakan bagi orang-orang yang bekerja dengan riya'(di lihat orang)..HR:Tirmidzi.

dalam syarah hadist ini Bahwa Nabi Shollallohu alaihi wa-sallam berdoa agar di lindungi dari neraka yang bernama Jabal Hazan.

Firman Alloh Subhanahu Wata'ala:
Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menguasai subuh,Qs.Al-Falaq:1

Al-Falaq arti yang sesungguhnya ialah penjara di dalam neraka.seluruh neraka itu penuh dengan penjara-penjara yang di sediakan untuk orang mujrimin.

Berkata Ibnu Abbas ra.bahwa penjara-penjara dalam neraka itu mempunyai pagar besi dan bilamana di buka pintu penjara itu,berteriaklah seluruh isi penjara minta untuk di keluarkan. Penjara itu di bagi atas kamar-kamar dan ruang-ruang yang terjaga rapi.masing-masing mereka itu mendiami sebuah ruang tempat mereka di siksa.di bagian atas dari ruang itu telah tertulis nama masing-masing penunggunya.

Hadist Abdullah Ibnu Masud ra.katanya;bersabda Rosululloh Shollallohu alaihi wa-sallam:
Bahwa dalam neraka itu telah tersedia rumah tempat kediamannya dan telah tertulis nama masing-masing penghuni rumah tersebut.tiap penghuni rumah itu menunggu kedatangan kawannya.apabila telah di jatuhkan semua mereka itu,maka ketika itu berkatalah neraka itu: QUTH,QUTH,artinya ''cukuplah,cukuplah.''HR:Bukhari.

Di dalam penjara itulah mereka di siksa.mereka di rantai dan di belenggu kuat-kuat,kaki dan tangan mereka di ikat,sesudah itu mereka itu diseret.

Astaghfirrullohal'adzim...

Astaghfirrullohal'adzim....

Astaghfirullohal'adzim.....
ampuni kami dan selamatkan kami yaa Alloh,aamiin

Semoga menambah ketaqwaan kita dan ketakutan kita akan neraka sehingga kita enggan melakukan maksiat kepada Alloh Azza Wajjala dan menjauhi segala larangan-Nya.

Subhanallah wabihamdihi Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Allailaaha Illa Anta Astaghfiruka Wa'atuubu Ilaik
Bagikan Ke :

Obat Herbal Probiotik di Pelopori oleh Prof.Ahli mikrobakteriologi dunia