7 Keistimewaan pada malam Lailatul Qadar


 Pada bulan Ramadhan ini, salah satu yang ditunggu-tunggu oleh umat manusia diseluruh dunia adalah datangnya Lailatul Qadar.

Karna malam tersebut dikatakan bahwa memiliki kebaikan setara dengan seribu bulan.
Berikut 7 Keistimewaan pada malam Lailatul Qadar

Pertama adalah malam tersebut merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an.
Sesuai dengan firman Allah SWT di surat Al-Baqarah dan Al-Qadr. “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran…” (Q.S Al-Baqarah: 185)
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1)

Kedua adalah malam tersebut lebih baik dari pada seribu bulan.
Allah SWT berfirman, “Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr:2–3)
Banyak ulama berpendapat bahwa ibadah dan amalan baik yang dilakukan di malam lailatul qadar, akan dibalas dengan pahala yang sangat besar.

Ketiga yaitu malam tersebut dipenuhi dengan berkah.
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.
Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami.
Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

Keempat yaitu malam lailatul qadar adalah malam yang penuh kesejahteraan.Selain penuh dengan keberkahan, malam lailatul qadar juga dipenuhi dengan kesejahteraan dan kedamaian. Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Qadr, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr: 5)

Kelima adalah pada malam tersebut, para malaikat akan berbondong-bondong turun ke bumi. Maka pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak berdoa. Allah SWT berfirman: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4)

Keenam yaitu pada malam itu, dosa umat muslim akan diampuni. Pada malam lailatul qadar, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Ketujuh adalah malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh kebaikan. Pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslimin mengerjakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

Namun bagi mereka yang mengabaikan malam tersebut maka akan menjadi orang-orang yang merugi, karena mereka melewatkan kesempatan untuk mendapatkan banyak pahala dan keutamaan, yang bahkan setara dengan seribu bulan. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.” (HR. Ibnu Majah).
Semoga apa yang kami paparkan diatas bermanfaat atau bisa menambah pengetahuan kita tentang keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi kita semua untuk menjalankan Sunnah dan mengerjakan amalan-amalan pada malam Lailatul Qadar tersebut.

 #quran #alquran #alqadr #malamlailatulqadar #lailatulqadar #islam #muslim #ramadhan2022 #mashallah #allahuakbar #hafidzquran #qori #santri #muslimah #dakwah #fyp #fypシ #fypage #xyzbca #xyz #dakwahsunnah #allahuakbar #covid #manhajsalaf #malam #mumineen #subhanallah #nuzululquran #malamseribubulan #dakwahtauhid #kajiansunnah #kajian #islamic #taraweeh #ramadanmubarak #umrah #ngaji #madinah #ilmu #islamituindah #bulanramadhan #tadarus #kajianislam #ramadankareem #mashallah #lailatulqodar #sholawat #itikaf #alhamdulillah #repost

 

LihatTutupKomentar