Hati Yang Baik

Taukah kamu bahwa secara medis hati merupakan penentu bagi seseorang, jika hati seseorang baik maka ia akan mampu menyaring darah dengan baik,yang karenanya akan baik pula seluruh badannya. Baik buruknya seseorang tergantung hatinya, karena hati merupakan bagian yang terpenting dalam tubuh manusia.

Menurut Imam Syafi'i bahwa sumber akal adalah hati, dan segala sesuatu yang berada di kepala sesungguhnya bersumber dari hati. Landasan yang digunakan adalah firman Allah :

" Mereka mempunyai hati tapi tidak dipergunakan untuk memahami ayat2 Allah ". ( QS : Al-Araf : 179 ).

Pernah dengar seseorang berkata " wah dia hatinya baik loh? " Karena kebaikan hatinyalah kita diterima dengan sambutan hangat ya ? " Seringkan dengar ini.... Apa sih kebaikan hati ?

Kebaikan hati yang dimaksud baiknya hati secara maknawi yaitu kebaikan jiwa terdalam manusia yang tidak diketahui kecuali oleh Allah.

Bagaimana membentuk hati yang baik?

•Istiqomah membaca Al-Quran sambil mentadaburi.



•Istiqomah puasa/ mengosongkan perut( jangan banyak makan/ selalu hanya makanan yg di pikirkan dalam otaknya) lebih baik sering puasa sunnah selain yang puasa wajib.

•Istiqomah Tahajud

•Tadharru' ( merunduk di hadapan Allah saat2 di sepertiga malam dalam doa/zikir/taubat )

•Bergaullah dengan ☺råňƍ2 sholeh/ah.

•Makanan/minuman/pakaian/segala yg masuk dlm tubuh/dipakai harus halal dan baik.. Karena makanan adalah benih dari segala perbuatan, jika masuk yang halal maka perbuatan yang keluar insyaallah halal dan baik dan jika masuk yang haram maka otomatis yang keluarpun perbuatan haram.


Ayo kita berusaha dan berdoa mohon pada Allah, hati yang bersih sebagaimana Rosul berdoa :

" Allahumma Innii As Aluka Qolban Salima ".
( Ya Allah, Aku mohon kepada-Mu hati yang bersih ).

Sudahkah kita mencobanya? Renungan ini untuk saya, kamu dan kita semua.... Karena hati ini masih kotor bahkan busuk dan belum terjaga selalu saja ternoda oleh perbuatan kita sendiri. Mohon maaf bila ada kata2 saya yang salah. .

https://m.facebook.com/groups/436028619754729?view=permalink&id=459333934090864&_rdr#459506904073567

~ 18 Syaaban 1433H ~
Bagikan Ke :

terra

Obat Herbal Probiotik